alexa snippet

Gaungkan SNI ke Seluruh Negeri, BSN Gelar Pameran di Sulsel

Gaungkan SNI ke Seluruh Negeri, BSN Gelar Pameran di Sulsel
Badan Standardisasi Nasional (BSN) memacu produk lokal yang terstandarisasi agar bisa menembus pasar global lewat pameran IQE di Sulawesi Selatan. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Badan Standardisasi Nasional (BSN) menggelar pameran Indonesia Quality Expo (IQE) di Sulawesi Selatan. Tujuan pameran ini merupakan upaya memacu produk lokal yang terstandarisasi agar bisa menembus pasar global.

Kepala Biro Hukum, Organisasi dan Humas BSN Budi Rahardjo mengatakan, IQE akan memamerkan berbagai produk dan layanan sertifikasi di Grand Clarion Convention, Makassar pada 24-26 Oktober. Pameran ini mengusung tema Memperkuat Penerapan SNI di Daerah dalam Rangka Menembus Pasar Global.

Dia menjelaskan, Sulawesi Selatan terpilih sebagai tempat penyelenggaraan IQE mengingat potensi sumber daya di provinsi ini yang semakin berkembang. Selain itu, komitmennya dalam menerapkan SNI, juga patut diapresiasi.

"Tahun 2015, Sulsel mendeklarasikan sebagai Sulsel Ber-SNI dan Peningkatan Ekspor 3 Kali Lipat. Ini membuktikan kesungguhan provinsi ini dalam mendorong penerapan SNI,” katanya di Jakarta, Jumat (20/10/2017).

Budi menjelaskan, pameran IQE pertama hingga keempat sudah diselenggarakan di Jakarta. Untuk tahun 2017 ini pihaknya memindahkan lokasi pameran ke daerah agar IQE bisa bergema hingga ke seluruh pelosok nusantara.

Lebih lanjut Ia mengatakan, lokasi Sulsel sangat strategis sebagai tempat pameran. Sebab berada di wilayah Indonesia Timur yang memiki 18 provinsi dan Sulsel sendiri memiliki 24 kabupaten kota yang pelaku usaha disana banyak yang menerapkan SNI dan Lembaga Penilaian Kesesuaian yang terakreditaso Komite Akreditasi Nasional (KAN).

Pelaku usaha yang menerapkan SNI dan Lembaga Penilaian Kesesuaian yang terakreditasi Komite Akreditasi Nasional (KAN) juga lumayan banyak. Potensi sumber daya di Sulsel yang begitu besar, sambungnya sangat tepat untuk menjadi tempat penyelenggaraan IQE.

Apalagi, mengingat letak Sulsel yang strategis serta kemajuan Sulsel yang semakin meningkat, diharapkan dapat menginspirasi dan mendorong kemajuan daerah lain di wilayah bagian Timur Indonesia.

“Provinsi di wilayah timur Indonesia sebanyak 18 Provinsi. Provinsi Sulsel sendiri terdiri dari 24 kabupaten dan kota. Kita berharap mendapat dukungan pemerintah daerah untuk mengangkat produk unggulan dan ber-SNI dengan terlibat dalam IQE,” ujar Budi.

Pameran IQE ke-5 merupakan salah satu kegiatan dalam rangkaian Bulan Mutu Nasional (BMN) dan Hari Standar Dunia (World Standard Day) yang secara rutin setiap tahun dirayakan oleh BSN bersama stakeholder.

Kegiatan BMN di Makassar selain diisi oleh Pameran IQE, juga akan dimeriahkan dengan 12 kegiatan Bulan Mutu salah satunya Seminar Nasional Standardisasi yang mengundang 600 orang peserta.

Pameran IQE tahun ini diikuti oleh pemangku kepentingan standardisasi di Indonesia baik dari perusahaan, lembaga penilaian kesesuaian, asosiasi, perguruan tinggi, maupun pemerintah daerah dan pusat, diantaranya PT. Siemens Indonesia, PT. Pertamina Lubricants, PT. Pupuk Kaltim, PT. Semen Tonasa, Pemerintah Provinsi Jawa Timur, serta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Pengunjung tidak dipungut biaya alias gratis untuk masuk ke pameran. Bahkan, di pameran selain dapat berkunjung ke stand-stand pameran juga bisa bawa pulang hadiah produk SNI atau konsultasi SNI di stand BSN.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top