Ganjar Janji Dorong Perkembangan Ekonomi Kreatif, Ini Manfaatnya Bagi Negara

Selasa, 14 November 2023 - 10:46 WIB
loading...
A A A
“Cuma keluhannya sama, dukungan pemerintah. Makanya, dukungan apa yang diperlukan? Uang. Maka, perlu budget, perlu anggaran, untuk bisa membuka ruang festival agar industri kreatif kita bisa muncul,” ujar Ganjar.

Manfaat Ekonomi Kreatif

Sektor ekonomi kreatif menjadi semakin penting dan diupayakan di banyak negara saat ini, dipicu oleh kebutuhan beradaptasi dengan perkembangan zaman. Secara umum, ekonomi kreatif berkontribusi dalam menghasilkan pemikiran dan inovasi terkini, baik dalam bentuk layanan maupun produk.

Oleh karena itu, tidak mengherankan bahwa ekonomi kreatif menjadi salah satu pilar penting dalam perekonomian suatu negara. Ekonomi kreatif dianggap memiliki dampak yang besar terhadap pertumbuhan ekonomi suatu negara.



Berdasarkan informasi yang dikutip dari buku berjudul "Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif" karya Ari Mulianta, Edmira, dan Juli, berikut merupakan 3 keuntungan penting dari ekonomi kreatif :

1. Menurunkan Tingkat Pengangguran
Pengamat meyakini bahwa peningkatan peran ekonomi kreatif akan membawa dampak positif bagi negara. Salah satu dampak positifnya adalah peningkatan nilai perekonomian yang berpotensi memberikan kontribusi positif pada sektor ekonomi secara keseluruhan.

2. Terciptanya Berbagai UMKM
Salah satu dampak paling signifikan dari ekonomi kreatif adalah peningkatan kontribusi masyarakat dalam proses pembangunan. Contohnya adalah melalui dukungan terhadap UMKM, yang dapat mendorong kelangsungan roda perekonomian.

3. Berdampak pada Perkembangan Sosial dan Budaya
Ekonomi kreatif membuka peluang bagi perkembangan aspek sosial dan budaya, yang sejalan dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Hal ini tentu memberikan dampak positif pada kemajuan masyarakat secara keseluruhan.

Ekonomi kreatif merupakan salah satu inisiatif untuk membangun perekonomian negara secara berkelanjutan. Sektor kreativitas menciptakan suatu iklim yang kompetitif dan memanfaatkan sumber daya yang tak terbatas guna mewujudkan tujuan tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1208 seconds (0.1#10.140)