Minim Risiko, Berikut 3 Tips Cerdas Menjadi Investor Pemula

Senin, 04 Desember 2023 - 12:18 WIB
loading...
Minim Risiko, Berikut 3 Tips Cerdas Menjadi Investor Pemula
Tips memulai investasi untuk meminimalkan risiko kerugian. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Investasi adalah langkah penting meraih tujuan keuangan jangka panjang. Namun, dengan pilihan investasi yang beragam, tidak jarang orang mengalami kebingungan memilih jenis investasi dan risiko kehilangan modal yang cukup besar.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memahami tips investasi cerdas yang dapat mengurangi risiko dan menghasilkan keuntungan yang optimal.



Berikut adalah 3 tips yang bisa diandalkan bagi kamu yang baru memulai investasi untuk meminimalkan risiko kerugian:

1. Diversifikasi Portofolio
Salah satu cara mengurangi risiko investasi adalah melakukan diversifikasi portofolio. Diversifikasi memungkinkan kita untuk menyebar risiko investasi ke berbagai aset, sektor, atau instrumen keuangan. Jangan cuma mengandalkan satu jenis investasi saja, tetapi pertimbangkan untuk mencampurkan portofolio dengan instrumen investasi lainnya. Dengan cara ini, jika satu aset mengalami penurunan nilai, yang lainnya dapat memberikan perlindungan dan stabilitas.

2. Tetapkan Tujuan Investasi
Sebelum memulai investasi, kita harus menentukan tujuan keuangan investasi yang sesuai. Pertimbangkan berapa lama investasi akan dilakukan, tingkat risiko yang dapat diterima, dan target keuntungan yang diharapkan. Dengan memiliki tujuan yang jelas, Anda dapat membuat keputusan investasi yang lebih terarah dan menghindari keputusan impulsif yang dapat menyebabkan kerugian.

3. Riset Mendalam
Pahami kondisi pasar, kinerja historis aset, dan faktor-faktor yang dapat memengaruhi pergerakan nilainya. Baca laporan keuangan perusahaan, tinjau tren pasar, dan konsultasikan dengan ahli keuangan jika diperlukan. Informasi yang tepat dapat membantu Anda membuat keputusan investasi yang lebih cerdas dan meminimalkan potensi kerugian.

Presiden Direktur MNC Bank, Rita Montagna menyampaikan bahwa memulai investasi sejak dini sangat penting dalam membangun portfolio aset yang menguntungkan di masa depan, “Apalagi di jaman sekarang, banyak sekali quotes tentang financial freedom atau bebas finansial sebagai target yang ingin dicapai. Jika ingin seperti itu, maka kita harus buat uang kita bekerja untuk kita, bukan sebaliknya ya. Selanjutnya, apabila ingin memiliki instrumen investasi yang sangat minim risiko, saya menyarankan untuk menggunakan program Tabungan Dahsyat Bundling dari MNC Bank”.



Sebagaimana diketahui, Tabungan Dahsyat Bundling adalah salah satu loyalty program dari MNC Bank di mana nasabah dapat menentukan sendiri keuntungan yang ingin didapat tanpa harus memperhatikan kondisi pasar maupun ekonomi yang terjadi. “Program ini sangat unik dan menguntungkan, di mana nasabah cukup menempatkan dana secara bundling pada produk deposito dan tabungan MNC Bank pada periode tertentu, setelah itu mereka dapat menikmati cashback yang lumayan, dan itu belum termasuk bunga simpanannya”.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1181 seconds (0.1#10.140)