Kolaborasi Wujudkan Sistem Pangan Berkelanjutan, Kelola Limbah Organik dengan Biokonversi

Senin, 04 Desember 2023 - 10:42 WIB
loading...
Kolaborasi Wujudkan Sistem Pangan Berkelanjutan, Kelola Limbah Organik dengan Biokonversi
Selain mengurangi food waste atau limbah makanan yang menumpuk di tempat pembuangan akhir, Hero x FoodCycle Farm akan mewujudkan sistem pangan berkelanjutan yang sangat penting untuk keberlangsungan hidup. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Hero x FoodCycle Farm, sebuah program kolaboratif Hero Supermarket dan FoodCycle Indonesia (FCI) siap mengelola limbah organik dengan menggunakan teknologi biokonversi Black Soldier Fly (BSF).



Selain mengurangi food waste atau limbah makanan yang menumpuk di tempat pembuangan akhir, Hero x FoodCycle Farm akan mewujudkan sistem pangan berkelanjutan yang sangat penting untuk keberlangsungan hidup.

Co-Founder FoodCycle Indonesia, Herman Andryanto mengatakan, pihaknya menyambut baik dukungan Hero Supermarket dalam pelaksanaan program kolaborasi Hero x FoodCycle Farm.

"Ini mengurangi food waste atau limbah makanan menimbun di tempat pembuangan akhir, serta penerapan sistem pangan berkelanjutan yang tentunya sangat penting untuk keberlangsungan hidup kita semua,” kata Herman, Senin (4/11/2023).



Berdasarkan data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) tahun 2022, jumlah timbunan sampah di Indonesia telah mencapai angka 36,1 juta ton.

Diperkirakan 40.3% di antaranya merupakan limbah sisa makanan yang belum dapat terkelola dengan baik. Hal ini menambah deretan panjang isu persoalan sampah yang menjadi tantangan di Indonesia.

Direktur Hero Supermarket, Hendy mengatakan, salah satu permasalahan yang harus kita hadapi dan tanggulangi bersama adalah isu food waste di Indonesia yang kian genting.

"Hero Supermarket memiliki peran dan kontribusi penting dalam mendukung kelestarian lingkungan, di mana sebagai ritel yang telah menerapkan prinsip keberlanjutan dalam operasional bisnisnya. Kami selalu berupaya memberikan dampak positif kepada lingkungan sekitar," tandanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1974 seconds (0.1#10.140)