Digitalisasi PLN Menghadirkan Efisiensi dan Mempermudah Akses Energi Bersih

Jum'at, 15 Desember 2023 - 20:29 WIB
loading...
A A A
Selain itu, PLN juga tengah menggencarkan pengembangan EBT di Indonesia dengan membangun rancangan kelistrikan paling hijau dalam sejarah yakni penambahan 52% pembangkit dari EBT. Tak cukup sampai disitu, PLN juga akan mengakselerasi penambahan pembangkit energi terbarukan secara agresif hingga 75% berbasis air, angin, matahari, panas bumi dan ombak.

Peneliti Center of Digital Economy, Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Nailul Huda menilai, selain memberikan keuntungan bagi masyarakat, poses digitalisasi yang dilakukan PLN akan memberikan penghematan yang besar bagi internal perusahaan. “Dari sisi pelanggan, tentu sangat memudahkan dalam mengakses energi bersih PLN. Dari sisi internal, digitalisasi proses bisnis akan menghasilkan penghematan,”sebutnya.

Penghematan bisa diraih dari proses pengadaan, hingga distribusi. “Dengan digitalisasi, beragam biaya di proses bisnis konvensional bisa ditekan. Misalnya penggunaan peralatan konvensional dalam menjalankan proses bisnis menjadi ditiadakan,”urainya.

Nailul pun meyakini, digitalisasi yang dilakukan PLN akan memberikan dampak besar terhadap perekonomian nasional. Peningkatan konsumsi listrik dan pertumbuhan ekonomi menjadi bukti keberhasilan inovasi dan efisiensi yang dilakukan PLN. “Keuntungan digitalisasi tak hanya dirasakan oleh PLN, tapi juga masyarakat dan bangsa,” tutup Nailul.
(nng)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1976 seconds (0.1#10.140)