Mantan Menteri Keuangan Ungkap Penyebab Ekonomi RI Stagnan 5%

Rabu, 07 Februari 2018 - 17:06 WIB
Mantan Menteri Keuangan Ungkap Penyebab Ekonomi RI Stagnan 5%
Mantan Menteri Keuangan Ungkap Penyebab Ekonomi RI Stagnan 5%
A A A
JAKARTA - Mantan Menteri Keuangan (Menkeu) Chatib Basri menjelaskan penyebab ekonomi Indonesia stagnan pada angka 5%. Salah satunya lantaran Indonesia dinilainya kurang cepat dalam mengembangkan industri manufaktur.

Lanjut dia menambahkan, pertumbuhan ekonomi Indonesia tertinggal dari beberapa negara tetangga yang sudah menembus di atas 6% seperti Malaysia dan Filipina. "Pertumbuhan ekonomi Singapura 5,5%, Malaysia 6,2%, Thailand 6%, Filipina 6,9%, Vietnam 7,5%, Indonesia masih stagnan di 5%, kenapa Indonesia stagnan tapi negara lain lompat dengan cepat?" ujarnya di Jakarta, Rabu (7/2/2018).

Semua negara yang berlari lebih cepat dari Indonesia tersebut, kata Chatib, basisnya adalah manufaktur dan ketika Amerika Serikat mengalami recovery, porsi besar adalah industrialiasi. "Mereka begitu cepat mengalami kenaikan, padahal pada dasarnya ekonomi kita bagus," terang dia. .

Menurut Chatib, sebenarnya kondisi ekonomi Indonesia dari segi makro sudah baik, seperti inflasi yang terkendali hingga current account defisit (CAD) terjaga. "Makro sudah oke, kita sudah harus ke sesuatu yang lebih dari stabilitas makro. Modelnya kira seperti apa, kita tak mungkin bertahan di manufaktur yang sifatnya buruh murah," paparnya

Dia mengungkapkan, Indonesia tidak bisa langsung beralih ke manufaktur berbasis teknologi tinggi, yang bisa di ambil yakni menengah. "Manufaktur berbasis human capital, misalnya kalau membuat produk batik, craft, kerajinan, market ini bisa dimanfaatkan," pungkas Chatib.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9898 seconds (0.1#10.140)