Wall Street Mendadak Setop Reli, Tiga Indeks Utama Kompak Melemah

Kamis, 21 Desember 2023 - 07:41 WIB
loading...
Wall Street Mendadak Setop Reli, Tiga Indeks Utama Kompak Melemah
Bursa saham AS alias Wall Street ditutup lebih rendah pada perdagangan Rabu (20/12/2023) waktu setempat. FOTO/Reuters
A A A
JAKARTA - Bursa saham AS alias Wall Street ditutup lebih rendah pada perdagangan Rabu (20/12/2023) waktu setempat. Hal itu terjadi setelah penurunan mendadak pada sore hari mengakhiri reli mengesankan Wall Street, yang didorong oleh penurunan suku bunga dan sikap dovish Federal Reserve.

Mengutip Reuters, Dow Jones Industrial Average (.DJI) turun 475,92 poin, atau 1,27%, menjadi 37.082, S&P 500 (.SPX) kehilangan 70,02 poin, atau 1,47%, menjadi 4.698,35 dan Nasdaq Composite (.IXIC) turun 225,28 poin, atau 1,5% menjadi 14.777,94. Ketiga indeks saham utama AS melemah di akhir sesi dan berakhir 1,3% hingga 1,5% dibawah penutupan hari Selasa.

"Saham-saham mendekati titik tertinggi sepanjang masa, mereka mencapai resistensi," kata Jay Hatfield, manajer portofolio di InfraCap di New York, dan mencatat bahwa penurunan tersebut "sangat dahsyat, segala sesuatunya berubah dari panas menjadi dingin dengan sangat cepat."

“Mengejutkan betapa agresifnya aksi jual ini, namun masuk akal mengingat seberapa jauh kemajuan yang telah kita capai,” tambah Hatfield.



Saham FedEx (FDX.N) anjlok 12,1% setelah perusahaan pengiriman paket itu meleset dari perkiraan laba kuartalan dan memangkas perkiraan pendapatan setahun penuh karena berjuang melawan United Parcel Service (UPS.N) dalam musim liburan yang diperkirakan akan lemah. UPS turun 2,9%.

Beberapa pedagang mengatakan aksi jual pasar bisa saja diperburuk oleh pembelian besar-besaran opsi jual jangka pendek pada S&P 500, termasuk kontrak jual yang akan mencegah penurunan indeks di bawah level 4,755 pada akhir sesi. Opsi jual memberikan hak untuk menjual saham dengan harga tetap di masa depan dan terkadang aktivitas lindung nilai terkait opsi dapat meningkatkan volatilitas.

Dalam perdagangan yang diperpanjang, Micron Technology (MU.O) melonjak 4,4% setelah pembuat chip memori tersebut memperkirakan pendapatan kuartalan di atas perkiraan. Selama sesi tersebut, S&P 500 berada dalam 0,5% dari penutupan tertinggi sepanjang masa. Mencapai penutupan tertinggi baru akan mengonfirmasi bahwa indeks acuan telah berada di pasar bullish sejak ditutup di pasar bearish pada Oktober 2022.

“Kami mengalami reli yang agresif pada bulan Desember dan sentimen investor sedang tinggi, berubah dari bearish menjadi bullish dalam waktu yang hampir mencapai rekor,” kata Thomas Martin, Manajer Portofolio Senior di GLOBALT di Atlanta. "Jadi pasar bertanya 'sekarang bagaimana?'"

Pekan lalu, Federal Reserve mengisyaratkan pihaknya telah mencapai akhir dari siklus pengetatan dan membuka kemungkinan penurunan suku bunga pada tahun 2024.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4672 seconds (0.1#10.140)