Houthi Serang Kapal Asing di Laut Merah, IKEA Kena Imbasnya

Kamis, 21 Desember 2023 - 13:39 WIB
loading...
A A A
Selain penundaan produk, perjalanan yang lebih lama pada akhirnya bakal meningkatkan biaya pengiriman yang dapat berdampak pada harga-harga produk. Analis pengiriman Xeneta memperkirakan setiap perjalanan antara Asia dan Eropa Utara dapat menelan biaya tambahan USD1 juta.

"Ini adalah biaya yang pada akhirnya akan diteruskan ke konsumen yang membeli barang," kata Peter Sand, kepala analis di Xeneta kepada Reuters.

Ada beberapa brand lain yang juga memantau situasi terkini di laut merah hingga terusan Suez, untuk melihat kemungkinan dampak yang bisa terjadi pada rantai pasokan mereka.

Salah satu contohnya adalah, Electrolux yang telah membentuk gugus tugas dengan operator mereka untuk melihat sejumlah langkah termasuk "perutean ulang, mengidentifikasi pengiriman ekstra dan menemukan rute alternatif, jika diperlukan".

Houthi Serang Kapal Asing di Laut Merah, IKEA Kena Imbasnya


Mereka berharap setiap efek pada pengiriman akan dibatasi. Perusahaan susu, Danone mengaku sudah membahas hal ini dengan para pemasok dan mitra untuk memantau situasi dengan cermat.

Serangan Houthi di sekitar laut merah telah menyebabkan Amerika Serikat atau AS meluncurkan operasi angkatan laut internasional untuk melindungi kapal-kapal di rute Laut Merah. Mereka yang termasuk di dalamnya yakni Inggris, Kanada, Prancis, Bahrain, Norwegia dan Spanyol telah bergabung.

Perusahaan pelayaran menyambut baik rencana tersebut, tetapi belum dapat menentukan kapan situasi bakal aman untuk melanjutkan menggunakan terusan Suez – yang bisa berarti gangguan masih akan berlanjut untuk beberapa waktu.
(akr)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1939 seconds (0.1#10.140)