Pasang Target Ekonomi RI 7 Persen, Ekonom: Ganjar-Mahfud Realistis

Sabtu, 23 Desember 2023 - 08:02 WIB
loading...
Pasang Target Ekonomi RI 7 Persen, Ekonom: Ganjar-Mahfud Realistis
Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD optimistis bisa membawa ekonomi tumbuh 7 persen. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD membidik makro ekonomi nasional tumbuh di level 7 persen, angka itu meningkat drastis dari pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini yang berada di posisi 5 persen.

Target optimistis itu disampaikan Calon Wakil Presiden nomor urut 3, Mahfud MD, dalam debat Cawapres yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Jumat malam tadi (22/12/2023).

Ekonom Asal Universitas Indonesia (UI), Fithra Faisal Hastiadi mencatat, target tersebut cukup realistis, kendati dalam hitungan ekonomi sangat berat untuk direalisasikan. Kendati, dia optimis proyeksi itu bisa dicapai bila Ganjar-Mahfud terpilih atau menang dalam pemilihan umum (pemilu) 2024 nanti.

"Kalau kita bicara itung-itungan ekonomi ini memang cukup berat begitu ya, lalu apakah realistis? Saya rasa bisa dicapai juga karena tergantung pondasinya," ujar Fithra saat dihubungi, Sabtu (23/12/2023).



Menurutnya, ada tiga aspek utama yang harus dikuatkan pemerintah berikutnya, yakni institusi, infrastruktur, dan juga sumber daya manusia (SDM). Ketiga instrumen ini disebut sebagai pondasi dasar pertumbuhan makro ekonomi nasional. Pasalnya, ketiga hal itu bisa mendorong produktivitas, mampu mendatangkan investasi, kemudian membangkitkan industri yang ada.

"Pondasi yang memang harus diperkuat adalah tiga institusi, infrastruktur, dan juga sumber daya manusia. Nah ini kemudian mampu meningkatkan produktivitas, mampu mendatangkan investasi, dan kemudian mampu membangkitkan industri gitu," katanya.

Soal perbaikan institusi atau kelembagaan negara, lanjut Fithra, Mahfud MD punya core competencies alias kemampuan untuk membenahi dan mentransformasikannya. Salah satunya, mencegah tindak pidana korupsi.

"Dan saya rasa apa yang disampaikan tadi dalam debat, Pak Mahfud juga menyampaikan perbaikan institusi dan ini bahkan menjadi salah satu pondasi yang paling penting," ucap dia.

Kemudian soal penguatan SDM, pasangan nomor urut 3 itu juga punya program yang diusung saat ini, yakni berupa sekolah dapat gaji, lulus pasti kerja. Satu keluarga miskin, satu sarjana.



Fithra juga mencatat ada tantangan tersendiri ketika pemerintah memasang target pertumbuhan ekonomi yang terlalu tinggi. Tantangan itu berupa resiko overheating. Overheating ini merujuk pada resiko inflasi yang meningkat hingga resiko depresi nilai tukar. Kendati demikian, tantangan ini bisa diatasi melalui penguatan institusi, infrastruktur, dan juga sumber daya manusia.

"Jadi, memang ada tantangan ketika kita mencapai target pertumbuhan ekonomi yang terlalu tinggi, ada resiko overheating. Tetapi segala resiko ini bisa ada bantalannya, ada mitigasinya, bisa ada pondasi yang mengeliminasi resiko-resiko tersebut adalah balik lagi ke tiga pilar tadi," beber dia.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1928 seconds (0.1#10.140)