BRI Gandeng Lazada Dorong UMKM Go Digital

Kamis, 01 Maret 2018 - 20:08 WIB
BRI Gandeng Lazada Dorong UMKM Go Digital
BRI Gandeng Lazada Dorong UMKM Go Digital
A A A
JAKARTA - PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) kembali mendorong penguatan segmen usaha kecil, mikro, dan menengah (UMKM) dengan menjalin kerja sama dengan Lazada dalam hal pengembangan UMKM di Indonesia.

Jasa dan layanan perbankan yang akan dikerjasamakan oleh Bank BRI dan Lazada adalah melalui sistem pembayaran bagi pelanggan Lazada yang dapat dilakukan melalui kartu kredit Bank BRI dan jaringan e-channel Bank BRI seperti internet Banking, ATM, dan EDC Bank BRI yang terhubung secara realtime online.

Direktur Hubungan Kelembagaan Bank BRI Sis Apik Wijayanto mengatakan kerjasama ini nantinya juga akan membantu nasabah UMKM BRI dan merchant yang saat ini menjadi anggota di Lazada. Hal ini, mencakup jasa layanan perbankan, pengembangan UMKM, dan penyaluran KUR ke seluruh Indonesia. "Ini untuk memperkuat penetrasi bisnis pada sektor UMKM di Indonesia," kata Sis Apik di Jakarta, Kamis (1/3/2018).

Selain itu, untuk mendukung dan mempercepat peningkatan daya saing UMKM di pasar domestik dan global, Bank BRI dan Lazada juga menyetujui dalam Nota Kesepahaman terkait dukungan pelaksanaan event UPGRADEUKM yang rencananya akan dilaksanakan di 29 Kota di seluruh Indonesia.

Menurut dia, Bank BRI dan Lazada mendukung usaha berkelanjutan bagi pelaku UMKM agar terus naik kelas. Salah satu usahanya adalah dengan berkomitmen mendukung event UPGRADEUKM yang digelar di beberapa kota di Indonesia.

Sis Apik menjelaskan, event UPGRADEUKM merupakan rangkaian roadshow dalam usaha memberikan fasilitas kepada pengusaha mikro, kecil, dan menengah untuk mengembangkan potensi usaha UMKM lokal yang ada di Indonesia. Di setiap kotanya Bank BRI dan Lazada akan melaksanakan Seminar, Coaching, Motivasi, dan Forum Diskusi mengenai pengembangan dan edukasi bisnis e-Commerce.

Diharapkan, aktivitas ini memiliki dampak langsung bagi pelaku UMKM untuk membentuk ekosistem bisnis yang mampu beradaptasi dengan laju kemajuan teknologi digital saat ini.

Dia juga menyampaikan harapannya bagi pelaku UMKM di berbagai daerah untuk dapat memanfaatkan event ini sebagai salah satu sarana belajar mengenai cara memanfaatkan marketplace online serta sharing bisnis dengan pihak perbankan mengenai pengelolaan keuangan yang baik. "Kami akan terus melakukan kerjasama dengan sektor swasta agar mampu menjangkau pelaku bisnis UMKM di seluruh Indonesia,” pungkasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6117 seconds (0.1#10.140)