Revolusi Industri 4.0, Menko Darmin Kawal Perizinan Berbasis Online

Rabu, 04 April 2018 - 14:31 WIB
Revolusi Industri 4.0, Menko Darmin Kawal Perizinan Berbasis Online
Revolusi Industri 4.0, Menko Darmin Kawal Perizinan Berbasis Online
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Darmin Nasution menegaskan siap mengawal implementasi Industri 4.0, khususnya terkait perizinan berbasis online. Menurutnya hal ini perlu terus didorong untuk memudahkan para pengusaha dalam menjalankan bisnisnya.

"Kayak perizinan online single submission, wajib dibentuk satgas yang tugasnya memonitor dan mengawal pemberian izin yang ada. Siapa yang paling bertanggung jawab mengawal kalau masih perlu offline? Yaitu satgas leading sectornya," ujar Darmin di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Rabu (4/4/2018).

Lebih lanjut Ia menerangkan, telah bekerja sama dengan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dalam mewujudkan perizinan ekonomi yang berbasis online. Salah satu langkah yang ditempuh yakni meningkatkan fasilitas teknologinya

"Di Kemenperin ada satgas yang memonitor, awasi, the bottlenecking kalau perizinan terhambat. Di daerah juga ada satgas. Seluruh satgas terhubung IT terintegrasi jadin kita tahu hambatannya di mana setiap saat. Kami yang bangun IT nya, sudah selesai dan sudah diuji," paparnya.

Seperti diketahui, Making Indonesia 4.0 terdapat lima industri yang menjadi fokus implementasi di Indonesia yakni makanan dan minuman (mamin), tekstil, otomotif, elektronik dan kimia. Adapun Iima teknologi utama yang menopang implementasi Industri 4.0, yaitu Internet of Things, Artificial Intelligence, Human-Machine Interface, teknologi robotik dan sensor, serta teknologi 3D Printing untuk membuat Indonesia lebih maju dan kreatif.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6713 seconds (0.1#10.140)