Serangan Houthi di Laut Merah Bikin Terusan Suez Sepi, Ekonomi Mesir Makin Sengsara

Kamis, 11 Januari 2024 - 10:30 WIB
loading...
A A A
Sementara itu pasukan AS dan Inggris telah menembak jatuh lebih dari 20 pesawat tak berawak (Drone) serta rudal di atas Laut Merah yang diluncurkan oleh Houthi.

Peran Vital Terusan Suez

Pendapatan dari Terusan Suez menjadi sangat penting bagi Mesir di tengah krisis ekonomi di mana mata uang lokal telah kehilangan setengah nilainya sejak Maret 2022, sementara inflasi mencapai 35%.

Ekonomi Mesir juga sangat bergantung pada pariwisata dan pengiriman uang dari pekerja Mesir di luar negeri, yang turun hampir 30% pada Juli-September 2023 secara tahunan, menurut bank sentral.

Di tengah penurunan tersebut, negara terpadat di dunia Arab itu sangat bergantung pada pendapatan Terusan Suez baik untuk militer maupun untuk pengeluaran kesejahteraan sosial.

Setidaknya dua pertiga dari penduduk Mesir hidup pada atau berada di bawah garis kemiskinan.

"Pendapatan kanal membantu menjaga menutup pengeluaran sosial. Mereka pergi langsung ke kas negara, yang kemudian menginvestasikan kembali dalam ke sektor militer dan sosial," kata Kepala lembaga perdagangan maritim ISEMAR, Tourret.

Penurunan lalu lintas pengiriman baru-baru ini, menurutnya telah menyebabkan dampak yang sangat nyata. "Satu bulan bakal baik-baik saja, tetapi dua bulan akan memprihatinkan," terangnya.
(akr)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1970 seconds (0.1#10.140)