Ganjar Bakal Genjot Ekonomi Kreatif Jadi Sumber Pertumbuhan Ekonomi Baru

Jum'at, 12 Januari 2024 - 21:13 WIB
loading...
A A A
Seperti diketahui, akses internet cepat dan gratis menjadi salah satu program capres Ganjar dan cawapres Mahfud MD jika memenangkan kontestasi Pilpres tahun ini. Dengan dasar hal tersebut, lanjut dia, anak-anak muda yang punya pengetahuan bagus tinggal menyediakan kreatif hub-nya.

Ganjar yakin, kolaborasi di antara anak-anak muda bakal memunculkan tokoh-tokoh baru. Jika hal itu terjadi, tambah Ganjar, maka ini akan menjadi alternatif ekonomi ke depan. Sedangkan sumber daya alam (SDA) bisa lebih dilestarikan, karena masyarakat Indonesia sudah harus berpikir secara jangka panjang terkait ekonomi berkelanjutan yang menjaga kelestarian lingkungan hidup.

"Jadi pengembangan sumber daya manusia pada akhirnya menjadi prioritas, saling latih, saling produksi, saling mengisi, kemudian kita unggul," imbuhnya.

Fokus UMKM

Dalam pengembangan ekonomi kreatif pun UMKM menjadi salah satu fokus utama. Ganjar menceritakan visinya dalam mengembangkan UMKM, agar produknya bisa masuk ke dalam rantai pasok yang lebih luas.

Menurut dia diperlukan tiga hal penting. Pertama, adalah memastikan pelaku UMKM tahu persis apa yang dikerjakan, dan apa produk unggulannya. Kedua, yaitu akses modal. Sebisa mungkin kata Ganjar, suku bunga kredit untuk UMKM tidak terlalu tinggi. Karena besaran suku bunga inilah yang kerap dikeluhkan pelaku UMKM.



Ganjar menyampaikan bagaimana dulu ketika masih menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah (Jateng), dia berupaya menurunkan suku bunga kredit UMKM. Ketiga adalah pendampingan. Pendampingan ini penting agar UMKM bisa naik kelas alias meningkatkan kapasitas dan kapabilitas usahanya.

"Di situlah nanti para pelaku perlu pelatihan dan fasilitasi. Begitu ini tumbuh, barulah kemudian masuk yang ke (tingkatan pengembangan) berikutnya," pungkasnya.
(nng)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1328 seconds (0.1#10.140)