Kereta Api Jadi Urat Nadi Pemulihan Ekonomi Nasional

Selasa, 11 Agustus 2020 - 14:16 WIB
loading...
Kereta Api Jadi Urat Nadi Pemulihan Ekonomi Nasional
Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, moda transportasi kereta api memiliki peranan penting sebagai urat nadi pemulihan ekonomi. Apalagi saat ini, kereta api menjadi moda transportasi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat dalam menjalankan aktivitas perekonomian.

"Transportasi kereta api menjadi penting karena sebagai urat nadi dari pemulihan ekonomi nasional untuk kesejahteraan masyarakat," ujar Budi dalam webinar Transportasi Untuk Merajut Keragaman, Selasa (11/8/2020). ( Baca juga:Kang Emil, Pak Jokowi Mewanti-wanti Pertumbuhan Ekonomi )

Budi menjelaskan, peran kereta api sebagai pemulihan ekonomi nasional didasari atas tingginya ketergantungan masyarakat akan transportasi ini. Buktinya, masih tinggi pengguna moda angkutan transportasi, baik KRL maupun MRT, pada era normal baru ini.

"KRL satu hari saja bisa lebih dari 1 juta pengguna. Karena pandemi kita batasi jadi 400 ribu, sisanya kita sediakan bus," ujar Budi.

Ia menambahkan, kereta api juga berperan pada pertumbuhan sektor logistik, dalam pelayanan distribusi barang ke tangan konsumen. Transportasi ini diharapkan bisa menjadi pembangunan ekonomi di daerah.

"Kereta api menjadi alat konektivitas yang fundamental bagi aspek sosial dan ekonomi," tandasnya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1541 seconds (0.1#10.140)