Ekspor CPO RI Dilarang, Mendag Ancam Setop Impor Ikan Asal Norwegia

Rabu, 18 April 2018 - 15:54 WIB
Ekspor CPO RI Dilarang, Mendag Ancam Setop Impor Ikan Asal Norwegia
Ekspor CPO RI Dilarang, Mendag Ancam Setop Impor Ikan Asal Norwegia
A A A
JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita memberikan peringatan pada pemerintah Norwegia untuk tidak melarang masuknya produk Crude Palm Oil (CPO) dan turunannya dari Indonesia. Apabila hal itu dilakukan, maka pemerintah Indonesia akan menyetop impor ikan asal Norwegia.

Enggar mengatakan hal tersebut dibahas dalam pertemuan dengan Menteri Perikanan Norwegia Per Sandberg. Perundingan ini akan dibahas saat acara perjanjian dagang Indonesia-European FTA (EFTA)- CEPA akhir April mendatang.

“Kita tekankan untuk kepentingan bersama ada beberapa hal tentang usulan kepada pemerintah untuk melarang CPO dan turunannya dari pabrik requirement. Kalau terus dilakukan parlemen saya akan menolak ikan dari Norwey,” ujar Enggar di Kementerian Perdagangan (Kemendag), Rabu (18/4/2018).

Dia mengatakan pemerintah Norwegia juga menolak soal pelarangan impor CPO dan turunannya. Sebab akan merugikan negaranya sendiri. Dia mengatakan adanya rencana pelarangan CPO merupakan usulan dari pihak parlemen Norwegia. “Sebagai orang politik kami sama-sama tahu lah, mengenai parlemen yang mungkin pemerintah tidak setuju apalagi kelompok oposisi,” katanya.

Seperti diketahui, neraca perdagangan Indonesia dan Norwegia mengalami defisit sebesar USD173,2 juta. Dimana nilai impornya mencapai USD237,7 juta dan ekspornya hanya USD64,5 juta. Mayoritas produk yang diimpor dari Norwegia yakni ikan.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9990 seconds (0.1#10.140)