Ekonomi AS Melaju Kencang, Makin Jauh Tinggalkan China

Minggu, 28 Januari 2024 - 11:17 WIB
loading...
A A A
Meskipun angka-angka pemerintah menunjukkan bahwa ekonomi memenuhi target pertumbuhan tahunan pemerintah, dengan pertumbuhan 5,2% pada tahun 2023, ada kecurigaan bahwa itu bukanlah gambaran sebenarnya dari apa yang sedang terjadi. Yang pasti, PDB nominal bukan satu-satunya cara untuk mengukur ukuran ekonomi suatu negara.

Para ekonom juga menggunakan sesuatu yang disebut paritas daya beli, yang mencoba memperhitungkan perbedaan harga antar negara untuk barang atau jasa yang sama. Atas dasar itu, China menyalip AS sekitar tahun 2016.



Namun, banyak pengamat tidak berpikir bahwa itu adalah cara terbaik untuk mengukur kekuatan ekonomi di panggung dunia. Untuk itu, PDB nominal dipandang sebagai panduan yang lebih baik.

"Pandemi menutupi banyak kelemahan China yang mendalam dan struktural dan akan berlangsung selama satu dekade tergantung pada kemampuan mereka untuk melakukan reformasi," kata Josh Lipsky, mantan penasihat IMF yang sekarang menjabat sebagai direktur Pusat GeoEkonomi Atlantic Council.

Presiden Peterson Institute for International Economics Adam Posen berpendapat bahwa Presiden China Xi Jinping telah memperparah kelemahan ekonomi yang mendasari negara tersebut dengan pelaksanaan kekuasaan otoriter di seluruh ekonomi dan masyarakat, terutama selama pandemi.
(nng)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3617 seconds (0.1#10.140)