alexametrics

Momen Lebaran Waktunya ke Mall Dibanding Belanja Online

loading...
Momen Lebaran Waktunya ke Mall Dibanding Belanja Online
Momen lebaran tahun ini dinilai akan menjadi momentum untuk penjualan offline di pusat perbelanjaan untuk meraup untung dibandingkan belanja online. Foto/SINDO Photo
A+ A-
JAKARTA - Pengamat marketing Yuswohady menilai momen lebaran tahun ini akan menjadi momentum untuk penjualan offline di pusat perbelanjaan. Baik itu mall modern elit hingga konvensional seperti Tanah Abang. Yuswohady mengatakan meskipun dalam lima tahun terakhir ini penjualan online tumbuh pesat namun tetap belum bisa mengalahkan Experience yang ditawarkan pusat perbelanjaan.

“Momen lebaran ini akan jadi milik bisnis offline seperti mall atau Tanah Abang. Masyarakat Indonesia masih terbiasa dengan acara jalan jalan atau mencoba pakaian sebelum dibeli. Meskipun kurang nyaman tapi pengalaman ini sudah jadi tradisi lebaran,” ujar Yuswohady saat dihubungi di Jakarta.

Dia mengakui tidak semudah itu mengganti kebiasaan masyarakat Indonesia. Namun saat ini proses keseimbangan terus berlangsung antara penjualan online dan offline. Beberapa produk yang praktis bisa langsung dibeli secara online namun sebagian lagi masih lebih menarik dibeli langsung.

Hal ini ditambah strategi pusat perbelanjaan yang aktif mengusung konsep leisure (kesenangan) dengan mengedepankan gerai kuliner, bioskop, atau hiburan live. “Strategi ini cukup berhasil menarik minat masyarakat tetap datang ke mall. Makan bakso pesan online tentu tetap beda rasanya kalau langsung makan di tempatnya. Ini yang jadi pancingan awal,” ujarnya.

Lebih lanjut dia mengatakan strategi bisnis online juga tidak kalah gencar dengan beragam promo potongan harga tentu juga menarik konsumen. Penjual online dapat lebih mudah melakukannya karena overhead cost yang lebih murah dibandingkan toko offline. Usaha ini menjadi modal awal bisnis online untuk mengganti kebiasaan masyarakat belanja di toko online. “Nanti akan ada keseimbangan produk yang dibeli secara online dan offline. Prosesnya masih terus berlangsung,” ujarnya.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak