Bank Bangkrut Bertambah Lagi, Kali Ini Terjadi di Purworejo

Selasa, 20 Februari 2024 - 19:15 WIB
loading...
Bank Bangkrut Bertambah Lagi, Kali Ini Terjadi di Purworejo
BPR Purworejo, Jawa Tengah dicabut izinnya oleh OJK. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Bank Perekonomian Rakyat (BPR) Purworejo, Jawa Tengah dicabut izinnya oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jumlah bank bangkrut menjadi yang ke lima dalam dua bulan pertama tahun 2024.

Sekretaris Lembaga Penjamin Simpanan ( LPS ), Dimas Yuliharto menghimbau agar nasabah Perumda BPR Bank Purworejo tetap tenang dan tidak terpancing atau terprovokasi untuk melakukan hal-hal yang dapat menghambat proses pembayaran klaim penjaminan dan likuidasi bank. LPS menyiapkan proses pembayaran klaim penjaminan simpanan dan pelaksanaan likuidasi

"Serta tidak mempercayai pihak-pihak yang mengaku dapat membantu pengurusan pembayaran klaim penjaminan simpanan dengan sejumlah imbalan atau biaya yang dibebankan kepada nasabah," kata Dimas dalam pernyataan resmi, Selasa (20/2/2024).



Untuk melaksanakan pembayaran klaim penjaminan simpanan nasabah Perumda BPR Bank Purworejo, LPS akan memastikan simpanan nasabah dapat dibayar sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

LPS akan melakukan rekonsiliasi dan verifikasi atas data simpanan dan informasi lainnya untuk menetapkan simpanan yang akan dibayar, rekonsiliasi dan verifikasi dimaksud akan diselesaikan LPS paling lama 90 hari kerja atau sampai dengan 16 Juli 2024. Pembayaran dana nasabah akan dilakukan secara bertahap selama kurun waktu tersebut.

Nasabah dapat melihat status simpanannya di kantor Perumda BPR Bank Purworejo atau melalui website www.lps.go.id setelah LPS mengumumkan pembayaran klaim penjaminan simpanan nasabah Perumda BPR Bank Purworejo.



Bagi debitur bank, tetap dapat melakukan pembayaran cicilan atau pelunasan pinjaman di kantor Perumda BPR Bank Purworejo dengan menghubungi Tim Likuidasi LPS. Apabila nasabah membutuhkan informasi lebih lanjut terkait dengan pelaksanaan penjaminan simpanan dan likuidasi Perumda BPR Bank Purworejo, nasabah dapat menghubungi Pusat Layanan Informasi (Puslinfo) LPS di 154.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1597 seconds (0.1#10.140)