Gejolak Kurs Jadi Salah Satu Penyebab Melambatnya Investasi

Selasa, 14 Agustus 2018 - 12:06 WIB
Gejolak Kurs Jadi Salah Satu Penyebab Melambatnya Investasi
Gejolak Kurs Jadi Salah Satu Penyebab Melambatnya Investasi
A A A
JAKARTA - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat, realisasi investasi pada kuartal II/2018 mencapai Rp176,3 triliun, turun 4,9% dibanding realisasi investasi pada kuartal pertama yang sebesar Rp185,3 triliun.

Kepala BKPM Thomas Lembong mengungkapkan, ada beberapa faktor penyebab investasi menurun di kuartal II/2018.

"Ada beberapa faktor yang cukup berpengaruh terhadap perlambatan pertumbuhan realisasi investasi kuartal kedua ini. Harus diakui bahwa gejolak kurs rupiah dan perang dagang Amerika Serikat (AS) dengan China berdampak pada perlambatan laju investasi," ujar Thomas di Jakarta, Selasa (15/8/2018).

Lebih lanjut, Thomas mengatakan bahwa imbas krisis di Turki serta tahun politik di dalam negeri akan berdampak pada laju investasi ke depan. Karena itu, kata dia, BKPM akan menyiapkan langkah dalam menghadapi persoalan itu sekaligus untuk meningkatkan laju investasi.

"Memasuki tahun politik yang akan berlanjut sampai tahun depan, ketidakpastian makin menjadi," katanya.

Terlepas dari itu, Thomas mengaku tetap optimistis tantangan dan gejolak ekonomi baik dari luar maupun dalam negeri akan bisa dihadapi. "Kita akan berkoordinasi dengan kementerian dan lembaga dan pemerintah daerah juga untuk mendorong peningkatan realisasi investasi," tandasnya.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6122 seconds (0.1#10.140)