China Kucurkan Utang Lebih dari Rp31,3 Triliun ke Pakistan

Kamis, 29 Februari 2024 - 15:56 WIB
loading...
China Kucurkan Utang Lebih dari Rp31,3 Triliun ke Pakistan
China telah menggulirkan pinjaman lebih dari USD2 miliar atau setara Rp31,3 triliun (Kurs Rp15.655 per USD) kepada Pakistan. Foto/Dok
A A A
ISLAMABAD - China telah menggulirkan pinjaman lebih dari USD2 miliar atau setara Rp31,3 triliun (Kurs Rp15.655 per USD) kepada Pakistan . Kabar ini dikonfirmasi oleh Menteri keuangan sementara Shamshad Akhtar kepada Reuters, hari ini, Kamis (29/2/2024).

Utang China USD2 miliar jatuh tempo pada bulan Maret dan telah diperpanjang selama satu tahun, seperti pertama kali dilaporkan oleh Geo News, mengutip sumber-sumber di kementerian keuangan Pakistan. Diterangkan juga bahwa Beijing telah mengomunikasikan keputusan itu ke Islamabad.



Ekonomi Pakistan yang sedang berjuan untuk mencoba lebih stabil dari hantaman krisis keuangan dan sebelumnya Dana Moneter Internasional (IMF) resmi menyetujui pinjaman kepada Pakistan sebesar USD3 miliar atau sekitar Rp50 triliun.

Posisi eksternal Pakistan yang rentan, menurut lembaga pemeringkat Fitch pekan lalu bahwa, mengamankan pembiayaan dari mitra multilateral dan bilateral akan menjadi salah satu masalah paling mendesak yang dihadapi pemerintah berikutnya.



Seperti diketahui kemampuan China untuk memberikan pengaruh terhadap perekonomian Pakistan telah meningkat secara substansial dalam beberapa tahun terakhir, terutama karena fakta bahwa Beijing kini menjadi kreditor terbesar di Islamabad.

Namun, warga China di Pakistan telah menghadapi serangkaian serangan yang ditargetkan kepada mereka secara spesifik, sehingga menimbulkan kekhawatiran bagi China dan Pakistan.

Mengutip dari The HK Post, Jumat (16/2/2024), insiden-insiden ini terjadi dalam konteks Koridor Ekonomi China-Pakistan (CPEC), sebuah proyek infrastruktur besar yang diluncurkan pada tahun 2015 dengna nilai sekitar USD62 miliar.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1174 seconds (0.1#10.140)