Tanpa Dissenting Opinion, Putusan BANI Soal Bumigas-Geo Dipa Bulat

Senin, 27 Agustus 2018 - 17:57 WIB
Tanpa Dissenting Opinion, Putusan BANI Soal Bumigas-Geo Dipa Bulat
Tanpa Dissenting Opinion, Putusan BANI Soal Bumigas-Geo Dipa Bulat
A A A
JAKARTA - Putusan Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI) terkait sengketa PT Bumigas Energi dengan PT Geo Dipa Energi (Persero) telah diambil secara bulat oleh 3 arbiter. Tidak ada dissenting opinion dalam putusan tersebut.

Kuasa Hukum BANI, Aditya Yulwansyah dari Yulwansah, Balfast & Partners mengatakan, pihak BANI perlu menyampaikan klarifikasi terkait adanya pemberitaan yang menyebutkan Bumigas yang minta BANI melakukan pemeriksaan objektif terkait dugaan pelanggaran kode etik yang diadukan Bumigas. Sebelumnya, kuasa hukum Bumigas, Bambang Siswanto mengatakan, pengaduan itu terkait dengan dugaan pelanggaran kode etik ketua majelis arbiter serta panitera persidangan sengketa antara Bumigas dengan Geo Dipa

Informasi adanya pelanggaran etik arbiter yang diperoleh Bumigas selaku pengadu, diberitakan berasal dari salah seorang arbiter yakni Sutan Remi Sjahdeni dalam komunikasi menggunakan media Whatsapp (WA) yang turut dilampirkan dalam surat itu.

"Apabila benar, sangat aneh jika ada WA beliau yang menyatakan seperti itu, karena putusan BANI diambil secara bulat oleh 3 arbiter, atau tidak ada dissenting opinion dari pak Sutan Remy Syahdeini," kata Aditya Yulwansyah dalam siaran pers di Jakarta, Senin (27/8/2018).

Malahan, lanjut Aditya, jika pemberitaan itu benar maka semakin menunjukkan keterkaitan dengan kehadiran Yahya Harahap (mantan hakim agung) yang notabene adalah senior Partner di kantor hukum Sutan Remy Syahdeini yang dihadirkan oleh PT Bumigas selaku pemohon pembatalan putusan BANI. “Padahal dalam sidang pembatalan putusan BANI yang diputus oleh Majelis Arbiter BANI, di mana salah satu arbiternya adalah Sutan Remi Syahdeini,” lanjutnya.

Hubungan kerja Sutan Remy Syahdeini dengan Yahya Harahap, selaku ahli yang dihadirkan oleh PT Bumigas juga telah disampaikan oleh Adhtya dalam sidang. Namun majelis hakim tetap memberikan kesempatan kepada Yahya Harahap untuk memberikan keterangan.
(poe)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0650 seconds (0.1#10.140)