UMKM Sulsel Terus Dilakukan Digitalisasi untuk Tingkatkan Pendapatan

Jum'at, 14 Agustus 2020 - 15:19 WIB
loading...
A A A
Halim Wijaya menuturkan, solusi digitalisasi yang dihadirkan ini bukan hanya dapat membantu pelaku UMKM untuk bangkit, tapi juga mendorong munculnya UMKM baru di Sulawesi Selatan agar dapat memberikan kontribusi besar untuk perekonomian daerah. Kami juga bangga dapat bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota untuk segera menghadirkan 16 solusi terintegrasi dalam waktu dekat.

“Untuk menyambut Hari UMKM, kami sangat berharap akan lebih banyak UMKM dan bisnis tradisional bertahan dan bertumbuh lewat berbagai solusi konkret yang Grab hadirkan ini,” jelasnya.

Dia menjelaskan, Program #TerusUsaha menghadirkan enam solusi digitalisasi Grab untuk Sulawesi Selatan di Era New Normal Enam solusi tersebut, diantaranya meningkatkan Visibilitas dan Permintaan, dimana 13.500 Pedagang Pasar Tradisional: Grab bermitra dengan PD Pasar Jaya untuk mendigitalisasi 16 pasar tradisional basah di Makassar melalui GrabAssistant.

Pelanggan bisa memesan berbagai sembako serta bahan kebutuhan lainnya dan membeli barang belanjaan dari 13.500 penjual tradisional di Makassar menggunakan GrabAssistant.

Lalu, ada promosi digital pariwisata lokal melalui aplikasi Grab. Termasuk panduan wisata juga akan diletakkan pada armada GrabCar, GrabCar Airport, dan mitra hotel untuk meningkatkan visibilitas para pelaku UMKM.

“Kami berikan pelatihan dan Digitalisasi 1.000 UMKM Sulsel bekerja sama dengan pemerintah provinsi, Dewan Kerajinan Nasional Daerah, Dinas Koperasi dan UMKM, serta Dinas Perdagangan Sulawesi Selatan. Pelatihan akan diberikan oleh para pakar seperti Komunitas Tangan di Atas dan The Food Doctor, dengan topik pelatihan yang fokus pada pemasaran digital, pengelolaan media sosial, perencanaan serta pengelolaan finansial dan produk fotografi,”paparnya.

Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, mengapresiasi Program #TerusUsaha di Sulawesi Selatan.

Kata dia, di tengah masa sulit akibat pandemi, dukungan kepada UMKM menjadi sebuah keharusan karena merekalah tulang punggung dari perekonomian.

“Apresiasi juga perlu diberikan kepada Grab yang ikut mendukung ketahanan ekonomi dengan program #TerusUsaha yang diluncurkan di Sulawesi Selatan. Apa yang Grab lakukan sejauh ini di Sulawesi Selatan sangat luar biasa, dengan berbagai inovasi yang terus muncul. Kami berharap, semoga dengan hadirnya solusi digitalisasi oleh Grab lebih banyak UMKM yang bisa terus meningkatkan transaksi mereka di tengah pandemi. Kerja sama dengan Grab kami percaya bisa membawa dampak positif untuk perekonomian lokal dan nasional dalam waktu dekat,” jelasnya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2384 seconds (0.1#10.140)