Wall Street Perkasa Setelah AS-Kanada Capai Kesepakatan Pengganti NAFTA

Selasa, 02 Oktober 2018 - 09:38 WIB
Wall Street Perkasa Setelah AS-Kanada Capai Kesepakatan Pengganti NAFTA
Wall Street Perkasa Setelah AS-Kanada Capai Kesepakatan Pengganti NAFTA
A A A
NEW YORK - Pasar saham Amerika Serikat alias Wall Street ditutup lebih tinggi pada hari pertama kuartal IV-2018, karena investor menyambut baik bergabungnya Kanada dengan kesepakatan perdagangan baru AS dan Meksiko.

Mengutip dari CNBC, Selasa (2/10/2018), indeks Dow Jones Industrial Average naik 192,90 poin menjadi 26.651,21 pada hari Senin waktu setempat, seiring keunggulan saham Chevron dan Boeing.

Indeks S&P 500 naik 0,4% menjadi 2.924,43, dipimpin oleh kenaikan saham energi, material dan industri. Nasdaq ditutup lebih rendah 0,1% ke level 8.037,30, karena penurunan saham Facebook dan Intel.

Amerika Serikat dan Kanada pada Senin kemarin melakukan kesepakatan perdagangan untuk menggantikan Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA). Perjanjian baru ini disebut sebagai Perjanjian Amerika Serikat-Meksiko-Kanada, atau USMCA.

Kesepakatan tersebut akan memberikan lebih banyak akses pasar kepada peternak sapi perah AS. Dan Kanada mendapat akses untuk mengekspor mobil ke Amerika Serikat. Kedua negara, bersama dengan Meksiko--yang menyetujui kesepakatan Agustus--diperkirakan akan menandatangani perjanjian USMCA pada akhir November.

"Pasar senang karena AS berhasil menghapus ketidakpastian perdagangan. Sepertinya kesepakatan perdagangan ini akan menguntungkan kedua negara," kata Maris Ogg, presiden di Tower Bridge Advisors.

Ogg mencatat kesepakatan itu berfungsi sebagai batu loncatan bagi AS dalam negosiasi perdagangannya dengan China. AS dan RRC telah melakukan perang tarif bernilai miliaran dolar satu sama lain, memicu kekhawatiran perang dagang besar-besaran antara dua ekonomi terbesar.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5695 seconds (0.1#10.140)