GIPTI Lengkapi Kawasan Digital Smart City

Kamis, 11 Oktober 2018 - 07:30 WIB
GIPTI Lengkapi Kawasan Digital Smart City
GIPTI Lengkapi Kawasan Digital Smart City
A A A
PUSAT Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek) Serpong bersama Sinar Mas Land menggelar acara peletakan batu pertama atau groundbreaking pembangunan Galeri Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Inovasi (GIPTI) di kawasan BSD City.

Area GIPTI akan menempati lahan Puspiptek- Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, seluas 15 hektare yang berada di wilayah tersebut.

GIPTI akan menjadi show case kemajuan inovasi dan juga teknologi terapan terkini, tempat untuk pemberdayaan dan edukasi masyarakat di bidang Iptek dan tempat pemasaran bagi produk-produk UKM dan startup berbasis teknologi binaan inkubator bisnis teknologi di Puspiptek-Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Pengembangan GIPTI sesuai dengan program pengembangan National Science & Technology Park (N-STP) Puspiptek. Muhammad Nasir, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, mengatakan, GIPTI merupakan proyek kolaborasi Puspitek dan Sinar Mas Land yang telah digagas sejak tahun 1980-an dalam membangun kawasan technopolis.

Saat ini kita coba menghidupkan kembali konsep tersebut, dengan dijadikannya Puspiptek-Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi sebagai N-STP, yang tidak hanya fokus sebagai pusat penelitian dan pengembangan iptek, juga sebagai pusat pengembangan produkproduk nasional, pusat penumbuhan kewirausahaan berbasis teknologi melalui inkubasi, pusat informasi iptek, serta pusat pelatihan bagi SDM industri.

Christopher Siswanto Adisaputro, CEO Strategic Land Bank Sinar Mas Land, dalam keterangan tertulisnya menuturkan, pihaknya sangat mendukung pembangunan Galeri Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Inovasi (GIPTI) di BSD City.

Berharap kolaborasi ini dapat semakin mendukung tujuan BSD City yang tengah bertransformasi menjadi integrated smart digital city . Adapun saat ini BSD City juga sedang menggarap proyek kawasan digital hub yang ke depannya akan menjadi Silicon Valleydi Indonesia.

Kehadiran GIPTI juga memperkaya ekosistem BSD City, khususnya di sektor teknologi dan riset dan sebagai talent pool bagi sejumlah perusahaan yang terdapat di kawasan digital hub .

Lebih jauh lagi, pengembangan kawasan digital hub ini akan menciptakan banyak sekali peluang bagi berbagai pihak lintas sektor, khususnya warga Tangerang dan sekitarnya di bidang pendidikan, riset, usaha, maupun lapangan pekerjaan.

Pengembangan GIPTI sesuai dengan program pengembangan National Science & Technology Park (N-STP) Puspiptek. Industri lintas sektor ini juga telah menandatangani kesepakatan kerja sama pembangunan GIPTI yang disaksikan langsung Wakil Presiden Jusuf Kalla, pada Januari 2018 lalu.

“Saat ini GIPTI dan N-STP Puspiptek didukung oleh ekosistem kawasan BSD City sebagai smart integrated digital city yang tentu akan saling menguatkan satu sama lain,” ujar Kepala Puspitek Serpong Sri Setiawati .
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.6999 seconds (0.1#10.140)