Danamon Perkuat Kesejahteraan Finansial Nasabah Berdasarkan Prinsip Syariah

Selasa, 02 April 2024 - 13:26 WIB
loading...
A A A
Selain Herry Hykmanto, handir narasumber Syam Resfiadi, Ketua Asosiasi SAPUHI dan Direktur Utama Patuna Travel; dan H. Alfa Edison, Direktur Utama Travel Alfa Tour Kaza Mustika dan Wakil Ketua Umum Asosiasi SAPUHI serta dipandu oleh Gunawan Yasni, Ekonom, Ahli dan Praktisi Keuangan Syariah dan Anggota Dewan Syariah Nasional.

Narasumber menjelaskan, dengan detail berbagai tema seperti persiapan keberangkatan haji hingga berbagai tips and tricks-nya, kekurangan dan kelebihan paket-paket haji yang tersedia, hingga strategi perencanaan finansial, program dan produk yang ditawarkan Danamon Syariah guna mempermudah rencana haji calon jemaah.

Tidak hanya membahas tentang Ibadah Haji, ZISWAF sebagai bagian dari fenomena social banking, juga mendapatkan sorotan khusus dalam acara Danamon Syariah Travel Fair 2024.

Pada hari kedua Danamon Travel Fair Syariah 2024, (22/3/2024) Danamon Syariah mengadakan, talkshow “Membangun Wakaf Produktif” dengan menghadirkan beberapa narasumber yang kompeten di bidangnya dari Badan Wakaf Indonesia dan Dompet Dhuafa.

Pembahasan mengenai wakaf produktif dan non-produktif juga mengemuka. Semisal wakaf di Indonesia terbagi menjadi dua jenis yaitu wakaf produktif dan non-produktif. Wakaf non-produktif fokus pada pemberian manfaat langsung seperti pada masjid, sekolah, dan rumah sakit.

Adapun, wakaf produktif melibatkan penggunaan aset tetap untuk kegiatan produksi, dengan hasilnya digunakan sesuai tujuan wakaf. Kini, wakaf telah berkembang menjadi kegiatan yang mendukung pemberdayaan masyarakat, tidak hanya terbatas pada aspek sosial, tetapi juga termasuk pendidikan, kesehatan, dan pemberdayaan ekonomi, khususnya bagi usaha mikro kecil.

Guna mempermudah perjalanan umat muslim dalam melakukan wakaf, Danamon meluncurkan Social Banking, platform digital yang memudahkan wakaf, memberikan kontrol kepada generasi muda muslim untuk berkontribusi secara praktis. Inisiatif ini mendukung pengembangan wakaf tunai di Indonesia yang menunjukkan komitmen Danamon membantu mencapai kesejahteraan.

Dengan demikian, Danamon Syariah Travel Fair 2024 menandai langkah penting dalam mendukung dan memfasilitasi kebutuhan spiritual dan ekonomi umat Islam di Indonesia.

Dengan menghadirkan narasumber yang kompeten dan materi yang relevan, acara ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan persiapan umat Islam dalam menunaikan ibadah haji serta memanfaatkan potensi wakaf untuk pemberdayaan sosial dan ekonomi.
(akr)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7373 seconds (0.1#10.140)