Belanja Infrastruktur Indonesia Masih Tertinggal

Rabu, 14 November 2018 - 12:43 WIB
Belanja Infrastruktur Indonesia Masih Tertinggal
Belanja Infrastruktur Indonesia Masih Tertinggal
A A A
DEPOK - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menyatakan bahwa belanja untuk pembangunan infrastruktur di Indonesia masih tertinggal. Dalil dia, alokasi anggaran untuk infrastruktur berperan penting dalam memajukan pembangunan ekonomi di suatu negara.

"Indonesia masih tertinggal soal belanja untuk infrastruktur. Karena kita bicara listrik, energi, bandara dan kita masih perlu investasi," terang Sri Mulyani di Universitas Indonesia, Depok, Rabu (14/11/2018).

Untuk itu, perempuan kelahiran Bandar Lampung ini akan meningkatkan rasio penerimaan negara terhadap produk domestik bruto (PDB). Salah satu caranya dengan mengoptimalkan anggaran belanja negara.

"Kita harus memperbaiki alokasi pengeluaran pemerintah, mana saja yang dibutuhkan. Untuk itu perlu perencanaan, eksekusi dan tata kelola yang baik untuk menghindari korupsi," katanya.

Seiring itu, pihaknya bakal memanajemen alokasi anggaran dengan memprioritaskan pembangunan sesuai kebutuhan. Sehingga pemerintah bisa membangun fundamental ekonomi yang kuat.

"Banyak desain (alokasi anggaran) yang bagus tetapi enggak jalan. Ini yang bikin kita terlambat. Efisiensi belanja belum terjadi sepenuhnya. Kita memerlukan belanja yang berdasarkan performance based oriented, itu yang perlu kita lakukan," tandasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4276 seconds (0.1#10.140)