Hadapi Puncak Arus Mudik, Bandara Soekarno-Hatta Siapkan Extra Flight dan Ribuan Personel Keamanan

Sabtu, 06 April 2024 - 18:30 WIB
loading...
A A A
Terkait dengan kolaborasi dengan stakeholders dalam menghadapi puncak arus mudik, pihak Bandara Internasional Soekarno-Hatta membentuk Komunitas Bandara Soekarno-Hatta. Komunitas ini terdiri dari Polres Bandara Soekarno-Hatta, otoritas Bandara Soekarno-Hatta, serta seluruh stakeholders yang ada.

“Sebelum puncak arus mudik, kami juga sudah melakukan apel kesiagaan dengan seluruh entitas instansi yang terkait, seperti Bea Cukai, Imigrasi, dan lainnya sehingga membuat angkutan Lebaran tahun ini terselenggara dengan baik,” ujarnya.

Selain itu, beberapa operasional dan fasilitas bandara dilakukan pengujian, seperti ramp check, hingga menguji tes pemadaman listrik. Hal tersebut dilakukan, untuk memastikan pelayanan terhadap penumpang tetap aman dan nyaman selama pelaksanaan masa mudik dan arus balik Lebaran.

Untuk memberikan kenyamanan kepada penumpang, PT Angkasa Pura II mengoptimalkan layanan digitalisasi yang berfokus pada passenger processing dengan menyediakan Kiosk Self Check In. Sehingga memudahkan penumpang dalam mencetak boarding pass check in tanpa harus antre lama di konter.
Hadapi Puncak Arus Mudik, Bandara Soekarno-Hatta Siapkan Extra Flight dan Ribuan Personel Keamanan

PT Angkasa Pura II juga semakin memanjakan penumpang dengan menyediakan kebun tropis yang ditanami pohon, semak, serta tumbuhan khas tropis. (Foto.dok iNews Media Group/Aldhi Chandra Setiawan)

Penumpang juga semakin dimanjakan dengan layanan Self Baggage Drop. Fasilitas ini untuk mempermudah penumpang yang sudah melakukan check-in secara online maupun melalui Self Check-in Kiosk, tidak perlu lagi mengantre untuk drop bagasi di saat check-in.

Ayu (23) salah satu penumpang yang akan mudik ke Jambi merasakan pelayanan Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang semakin memanjakan penumpang. Ia tidak perlu menunggu lama untuk melakukan check in di konter maskapai penerbangan. “Pelayanannya gak ribet di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Bisa self check in jadi nggak perlu antre lagi,” tuturnya.

Di samping itu, Self Baggage Drop ini diharapkan dapat mempersingkat waktu layanan konter check-in sehingga penumpang dapat terhindar dari antrean panjang saat drop bagasi. “Kami menghimbau agar pemudik dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta untuk datang lebih awal agar memudahkan proses check in dan langsung menuju gate masing-masing,” ujar Dwi.

Selain kemudahan check in penumpang Bandara Soetta semakin dimanjakan dengan fasilitas dan keramahan petugas Bandara. “Aku baru datang aja udah dilayani dengan ramah sama petugas. Udah gitu fasilitas Bandara seperti toilet dan ruang tunggu juga nyaman dan bersih banget,”kata Nida (26) pemudik asal Lampung.

PT Angkasa Pura II juga semakin memanjakan penumpang dengan menyediakan kebun tropis yang ditanami pohon, semak, serta tumbuhan khas tropis. “Bandara Internasional Soekarno-Hatta kini lebih sejuk dan asri dengan adanya tumbuhan tropis di terminal kedatangan domestik maupun internasional. Tanaman tropis ini akan membuat penumpang bisa menikmati Bandara ini dengan lebih nyaman,” tuturDwi.
(ars)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1181 seconds (0.1#10.140)