Fitch Pangkas Prospek Peringkat Kredit China Jadi Negatif

Rabu, 10 April 2024 - 13:33 WIB
loading...
Fitch Pangkas Prospek Peringkat Kredit China Jadi Negatif
Fitch menurunkan peringkat China menjadi prospek negatif dari stabil dengan alasan adanya risiko terhadap keuangan publik,. FOTO/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Lembaga pemeringkat global Fitch memangkas prospek peringkat kredit negara China menjadi negatif dengan alasan adanya risiko terhadap keuangan publik, karena perekonomian negara itu dinilai menghadapi meningkatnya ketidakpastian dalam peralihan ke model pertumbuhan baru.

Penurunan peringkat ini mengikuti langkah serupa yang dilakukan Moody's pada bulan Desember dan terjadi ketika Beijing meningkatkan upaya untuk memacu pemulihan pasca-Covid dengan dukungan fiskal dan moneter.

"Revisi prospek Fitch mencerminkan situasi yang lebih menantang dalam keuangan publik China sehubungan dengan dampak ganda dari perlambatan pertumbuhan dan bertambahnya utang," kata Ekonom Senior Natixis Asia-Pasifik Gary Ng, seperti dilansir Reuters, Rabu (10/4/2024).



Namun, lanjut dia, hal ini tidak berarti bahwa China akan mengalami gagal bayar dalam waktu dekat. "Namun ada kemungkinan untuk melihat polarisasi kredit di beberapa LGFV (sarana pembiayaan pemerintah daerah), terutama karena pemerintah provinsi melihat kesehatan fiskal yang lebih lemah," tuturnya.

Fitch memperkirakan defisit pemerintah China secara umum – yang mencakup infrastruktur dan aktivitas fiskal resmi lainnya di luar anggaran utama – akan meningkat menjadi 7,1% dari produk domestik bruto (PDB) pada tahun 2024 dari 5,8% pada tahun 2023, tertinggi sejak 8,6% pada tahun 2020.

Meskipun lembaga tersebut menurunkan peringkatnya menjadi prospek negatif dari "stabil", yang mengindikasikan kemungkinan penurunan peringkat dalam jangka menengah, lembaga tersebut menegaskan peringkat default emiten China di 'A+'. S&P, lembaga pemeringkat global besar lainnya, juga memberi peringkat China A+, setara dengan Moody's A1.

Fitch memperkirakan pertumbuhan ekonomi China akan melambat menjadi 4,5% pada tahun 2024 dari 5,2% tahun lalu. Sementara Dana Moneter Internasional (IMF) memperkirakan PDB China akan tumbuh 4,6% tahun ini.

Peringatan terkait peringkat ini muncul meskipun ada tanda-tanda tentatif bahwa perekonomian China mulai membaik. Output pabrik dan penjualan ritel melampaui perkiraan pada bulan Januari-Februari, menyusul indikator ekspor dan inflasi konsumen yang lebih baik dari perkiraan.

Data-data tersebut telah memperkuat harapan Beijing bahwa mereka dapat mencapai apa yang digambarkan oleh para analis sebagai target pertumbuhan PDB yang ambisius yaitu sekitar 5,0% pada tahun 2024.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1704 seconds (0.1#10.140)