Transformasi Pelabuhan Nonpetikemas Semakin Efisien dan Inovatif

Selasa, 16 April 2024 - 21:50 WIB
loading...
A A A
SPMT terus melakukan transformasi yang progresif dan berkelanjutan dalam seluruh aspek operasional.

Sepanjang 2022-2023 sebanyak 25 pelabuhan telah melalui proses transformasi. Dari sisi kinerja, arus barang atau flow of goods yang dilayani oleh SPMT naik 28,8% dari sisi tonase per kapal per harinya. Selain itu, waktu bongkat muat harian juga semakin cepat 18,1%.



Waktu bongkar muat yang semakin efisien juga berimbas pada turunnya waktu sandar kapal di pelabuhan atau port stay sebesar 17,5%. Dari sisi dokumen juga durasi penerbitan nota kami meningkat 71,5% karena penyederhanaan proses administrasi dan menggunakan sistem PTOS-M.

Direktur SDM SPMT Edi Priyanto menambahkan dalam mendukung proses transformasi dan standarisasi pelabuhan, SPMT terus berupaya untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi SDM melalui pelatihan, workshop, dan sertifikasi bagi pekerja SPMT.

Dalam dua tahun transformasi, SPMT juga gencar melakukan pengembangan sumber daya manusia yang berkelanjutan, diwujudkan melalui berbagai ruang belajar dan diskusi virtual melalui komunitas seperti Community of Practice (COP) dan Community of Interest (COI) yang mengeksplor dunia kepelabuhanan serta sesi sharing session dengan membahas beragam tema untuk mendukung work life balance pekerja.
(nng)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1238 seconds (0.1#10.140)