Sri Mulyani Geram Pejabat Daerah Habiskan Anggaran untuk Jalan-jalan

Senin, 10 Desember 2018 - 13:22 WIB
Sri Mulyani Geram Pejabat Daerah Habiskan Anggaran untuk Jalan-jalan
Sri Mulyani Geram Pejabat Daerah Habiskan Anggaran untuk Jalan-jalan
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengaku geram, dengan kebiasaan para pejabat daerah yang menghabiskan anggaran untuk jalan-jalan, tanpa membuahkan hasil. Bahkan Ia juga menyoroti kujungan pejabat daerah ke lingkungan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang berulang-ulang dalam satu tahun.

Menkeu mengungkapkan, heran dengan kedatangan pejabat yang sering ke Kementerian Keuangan. Hal ini melihat catatan kunjungan yang masuk di dalam Kemenkeu yang menurutnya banyak tidak memiliki tujuan jelas yang mana akhirnya hanya menghabiskan anggaran.

"Jadi kami mencatat yang datang ke Kemenku dalam rangka mengurus isu atau yang lain, ada 46 kali. Daerah rajin kesini dalam satu tahun, datangnya enggak sendirian itu menghabiskan uang tiket dan ada yang kunjungan 40 kali, ini enggak tepat," ujar Sri Mulyani di Jakarta, Senin (10/12/2018).

Tidak hanya itu, mantan direktur Bank Dunia juga sangat kesal dengan maraknya pejabat daerah yang menghabiskan anggaran hanya untuk jalan-jalan. Untuk itu, pihaknya memberikan solusi agar tidak banyak menghabiskan anggaran.

"Karena banyak jalan dan saya akan menuliskan surat agar mereka tidak menghabiskan. Pernah kita buat layanan komunikasi website dan kita pakai teleconference tapi banyak daerah enggak suka ada karena enggak ada SPJ-nya," katanya.

Lantaran hal itu, pihaknya pun menyarankan agar daerah menggunakan Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) dengan baik. Agar bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi. "Kita harus menggunakan TKDD dengan baik. Berfokus pada dampak positif yang akan menjadi indikator atas efektifitas penggunaan TKDD," paparnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8229 seconds (0.1#10.140)