4 Produk Finansial untuk Siapkan Kebutuhan Hari Tua, Jangan Lupa Asuransi Kesehatan!

Jum'at, 26 April 2024 - 11:16 WIB
loading...
A A A
Jika masih awam dengan dunia investasi dan ragu untuk investasi emas atau properti, ada opsi menarik yang bisa Anda pilih, yaitu menanam modal di produk reksa dana. Bagi yang belum tahu, reksa dana adalah instrumen investasi dengan cara kerja menghimpun dana dari pemodal untuk dikelola Manajer Investasi atau MI.

Tugas dari Manajer Investasi adalah menempatkan modal investasi para kliennya tersebut ke sejumlah instrumen, seperti pasar uang, pasar modal, saham, obligasi, dan sebagainya. Jadi, Anda selaku investor tak harus memiliki kemampuan, pengalaman, dan pemahaman seputar dunia investasi karena pengelolaan modal dilakukan oleh pihak profesional tersebut.

Di samping itu, investasi reksa dana juga bisa menjadi alternatif untuk mendiversifikasi portofolio investasi Anda. Dengan begitu, risiko investasi bisa diminimalkan dengan reksa dana, khususnya saat mendekati hari tua di mana stabilitas pertumbuhan investasi lebih diutamakan dibanding potensi keuntungannya.

4. Jangan Lupakan Peran Asuransi

Produk keuangan terakhir yang harus disiapkan ketika berencana menyambut hari tua adalah asuransi. Di hari tua, peran asuransi kesehatan menjadi hal yang tak boleh disepelekan. Karena kondisi tubuh yang tidak lagi bugar dan rentan terserang penyakit, asuransi kesehatan mampu memberikan jaminan perlindungan dengan menanggung biaya pengobatan nasabah di rumah sakit.

Hanya saja, jika diajukan di hari tua atau terlanjur terserang penyakit, asuransi kesehatan biasanya membebankan biaya premi jauh lebih mahal. Oleh karena itu, idealnya, ajukan asuransi kesehatan sedini mungkin ketika masih muda dan sehat agar biaya preminya lebih terjangkau.

Selayaknya asuransi kesehatan, asuransi jiwa juga menjadi produk finansial yang perlu dipertimbangkan manfaatnya ketika merencanakan kebutuhan hari tua. Dengan memiliki asuransi jiwa, Anda bisa menjamin pembayaran santunan atau uang pertanggungan ke pihak tertanggung maupun ahli waris ketika meninggal dunia atau mengalami cacat permanen. Jadi, keluarga Anda tetap akan bisa menjalani hidup dengan sejahtera karena mendapatkan proteksi dari asuransi jiwa dan asuransi kesehatan.

Siapkan Sejak Dini agar Kehidupan di Masa Tua Senantiasa Sejahtera

Cepat atau lambat, kehidupan masa tua akan menghampiri Anda meskipun saat ini masih terasa sangat jauh. Jika tidak dipersiapkan sejak sekarang, bukan tidak mungkin rasa penyesalan akan menyelimuti diri karena terlambat menabung dan investasi untuk memenuhi kebutuhan hari tua. Nah, agar hal tersebut tak sampai terjadi, pertimbangkan dengan bijak langkah investasi dan menyiapkan kebutuhan hari tua dengan 4 produk finansial yang telah dijelaskan di atas, ya!
(skr)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1515 seconds (0.1#10.140)