Wamendag Jerry: Merdeka dalam Perdagangan Itu Mutlak

Selasa, 18 Agustus 2020 - 22:39 WIB
loading...
A A A
Mengenai peringatan HUT RI, Jerry menyebut pidato Presiden Joko Widodo di depan MPR Jumat (14/8) lalu sebagai arahan untuk melaksanakan tugas negara dalam konteks mitigasi dan pemulihan akibat pandemi. Seluruh jajaran pemerintahan, termasuk dirinya harus siap melaksanakan arahan itu karena memang sudah menjadi tugasnya.

(Baca Juga: Wamendag: Pandemi Tidak Bisa Hapus Ketergantungan Antar Negara)

Jerry mengatakan, dari pidato tersebut dirinya membuat beberapa catatan. Pertama, adalah catatan makro yaitu bahwa Indonesia masih berada dalam mode darurat dalam menghadapi pandemi dan harus meneruskan upaya-upaya yang serius, luar biasa dan transformatif dalam seluruh bidang, khususnya dalam bidang kesehatan dan ekonomi.

Kedua, yang menurut Jerry harus dilaksanakan sebagai arahan, adalah masing-masing kementerian dan lembaga harus menyesuaikan diri serta saling berkoordinasi untuk mewujudkan visi yang diutarakan Kepala Negara.

"Kebijakan pembangunan dalam status mitigasi dan pemulihan ini harus dilihat secara utuh oleh semua kementerian dan lembaga. Dalam berbagai kesempatan Presiden mengingatkan untuk meninggalkan ego sektoral. Saya kira begitu juga cara kita dalam melihat pidato presiden, khususnya dalam pengantar Nota Keuangan RAPBN. Kami harus memperkuat koordinasi dan komunikasi antarkementerian dan lembaga sehingga tujuan yang disampaikan Presiden bisa tercapai," tandasnya.
(fai)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1288 seconds (0.1#10.140)