Taruna STIP Tewas Dianiaya Senior, Penerimaan Siswa Baru Dihentikan

Jum'at, 10 Mei 2024 - 11:20 WIB
loading...
Taruna STIP Tewas Dianiaya Senior, Penerimaan Siswa Baru Dihentikan
Penerimaan siswa baru Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) dihentikan sementara usai kasus bullying hingga meninggaL dunia. FOTO/Ist
A A A
JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menanggapi terkait kasus pembunuhan akibat kekerasan yang dilakukan oleh senior kepada junior di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP).

"Kami sangat menyesalkan terjadinya peristiwa kekerasan di STIP Jakarta. Ini menjadi duka yang mendalam dan menjadi sebuah titik bahwa kami harus melakukan perubahan. Kami akan melakukan pembaruan pada pendidikan vokasi di bawah naungan Kementerian Perhubungan," ujar Menhub dalam keterangan resmi, Jumat (10/5/2024).



Menhub mengatakan, pihaknya telah mengambil beberapa langkah konkret untuk dilakukan pembenahan di STIP. Pada jangka pendek, penerimaan siswa STIP Jakarta dihentikan untuk sementara.

"Selain itu juga melarang berbagi aktivitas yang dapat mendorong celah terjadinya perundungan, termasuk salah satunya menghilangkan kepangkatan dan sebutan senior dan junior di dalam sekolah," imbuh Menhub.

Lalu dalam jangka menengah, laporan-laporan berbasis digital yang mengurangi interaksi fisik akan dioptimalkan, dengan meningkatkan kualitas pengasuh taruna, serta pemisahan interaksi taruna antar angkatan dan menghilangkan atribut seragam.

Menhub mengatakan, pembenahan juga akan dilakukan di sekolah-sekolah lain yang berada di bawah naungan Kementerian Perhubungan. "Dalam jangka panjang, pembenahan serupa akan diterapkan di sekolah-sekolah lain di bawah BPSDM Kementerian Perhubungan," sebut Menhub.

Menhub menyampaikan komitmen untuk menjadikan sekolah-sekolah di bawah Kementerian Perhubungan sebagai sekolah yang menghasilkan insan transportasi yang berkualitas, baik dari aspek keahlian dan ketrampilan maupun insan yang berbudi dan berakhlak. Untuk mewujudkan komitmen tersebut, Kemenhub akan menjaring masukan dari berbagai pihak, termasuk para pakar pendidikan dan pakar transportasi.



Secara internal, Kemenhub akan melakukan pembenahan mendasar yakni dengan mengubah kurikulum yang berfokus pada pembelajaran di kelas dan mengutamakan softskills yang nantinya dapat mendukung lulusan siap kerja di dunia kelautan dan pelayaran.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7222 seconds (0.1#10.140)