Indef: Utang Boleh Asal untuk Bangun Ekonomi Produktif

Kamis, 07 Februari 2019 - 17:15 WIB
Indef: Utang Boleh Asal untuk Bangun Ekonomi Produktif
Indef: Utang Boleh Asal untuk Bangun Ekonomi Produktif
A A A
JAKARTA - Institute for Development of Economics and Finance (Indef) menilai bahwa utang yang dibuat pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK) saat ini merupakan hal yang wajar dan boleh dilakukan.

"Utang itu boleh apabila utang tersebut digunakan untuk kegiatan ekonomi pembangunan yang produktif yang bisa mendorong pertumbuhan secara sustainable," kata Ekonom Senior Indef Munawir di Jakarta, Kamis (7/2/2019)

Dia menjelaskan, utang itu prinsipnya harus berada dalam kerangka kebijakan fiskal yang berkelanjutan. Saat ini menurutnya utang masih produktif dan tidak terlalu membahayakan.

"Jadi bukan berarti enggak boleh utang, sepanjang kapasitas membayar itu ada dan sanggup. Nah mengenai ukurannya itu bisa ditanyakan ke menteri-menteri sana," ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati buka suara terkait utang pemerintah yang disebut meningkat hingga 69% dalam 4 tahun pemerintahan Jokowi-JK. Meningkatnya utang tersebut membuatnya disebut sebagai menteri pencetak utang oleh calon presiden (capres) momor urut 02 Prabowo Subianto.

Menurut Sri Mulyani, kritikan yang ditujukan kepada pemerintah tentang utang hanya dilihat dari nominalnya saja. Orang-orang yang mengkritik soal utang tersebut menurutnya tidak mengetahui peruntukan utang tersebut untuk apa.

"Jadi saya hanya ingin menyampaikan, yang disampaikan bukan sesuatu hal yang baru, (utang) sebaiknya dilihatnya dalam konteks yang lebih besar," tegasnya beberapa waktu lalu.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9562 seconds (0.1#10.140)