Tak Sekedar Lindungi Rumah, Genteng Juga Harus Aman bagi Penghuni

Rabu, 19 Agustus 2020 - 11:15 WIB
loading...
A A A
Memilih genteng untuk atap rumah adalah keputusan besar yang diambil satu kali untuk jangka waktu panjang. Karenanya, pastikan untuk memilih genteng yang tepat demi ketahanan, kesehatan, dan nilai estetika rumah lebih lama. Jadi, sudah tentukan genteng yang pas untuk hunian idaman Anda? Selamat mencoba. (Aprilia S Andyna)

Tips Memilih Genteng Tahan Bocor (versi arsitek Rizky Artando)

1. Pilih bahannya

Indonesia adalah negara tropis yang ditempa sinar matahari sepanjang tahun, diselingi hujan dengan intensitas tinggi. Hal ini berpengaruh pemilihan genteng, bahan metal cocok untuk diterapkan di dalamnya karena memiliki kemampuan menyalurkan panas yang paling tinggi, sementara bahan tanah liat bahan terbaik untuk menolak panas.

2. Tampilan juga menentukan

Hal lain yang patut dipertimbangkan ketika memilih genteng adalah faktor estetika. Ada genteng yang kuat, tahan panas, tapi tidak terlau baik secara estetika namun tentukan genteng yang sesuai dengan gaya rumah. Rumah modern tentu tidak sesuai menggunakan genting berwarna cerah. Sebaliknya, rumah bergaya tradisional pasti lebih cocok jika menggunakan genteng keramik yang natural.

3. Jangan lupakan harga.

Pilih jenis genteng sesuai dana tersedia. Harga per lembar satu genteng lain terkadang tak jauh berbeda. Namun jika dikalikan dengan luas total atap, hasilnya bisa jadi besar. Sebaiknya, sebelum membeli pastikan luas total atap.

4. Kepingan atau lembaran.

Genteng jenis kepingan sudah menjadi tren tersendiri dan yang banyak dicari dan disukai. Yang termasuk genteng ini adalah genteng beton, genteng keramik, dan genteng tradisional.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4923 seconds (0.1#10.140)