alexametrics

Menhub Targetkan Aturan Tarif Bagasi Pesawat Rampung 2 Minggu Lagi

loading...
Menhub Targetkan Aturan Tarif Bagasi Pesawat Rampung 2 Minggu Lagi
Aturan mengenai tarif bagasi berbayar oleh maskapai akan dirampungkan dalam dua minggu ke depan. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menegaskan, aturan mengenai tarif bagasi pesawat akan segera rampung. Saat ini Kemenhub tengah menyelesaikan kajian untuk membuat aturan tarif bagasi pesawat yang memberikan kepastian kepada penumpang.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, kajian tersebut diperkirakan rampung dalam dua minggu ke depan. "Ya sedang dikaji. Kalau bagasi masih bisa diatur mungkin dua minggu lagi ya," ujar Budi Karya di Jakarta, Rabu (13/2/2019).

Dia menjelaskan, skema pengaturan tarif bagasi tersebut akan serupa dengan skema tarif batas atas dan tarif batas bawah. "Skemanya hampir sama dengan batas atas dan batas bawah," jelasnya.




Namun, Menhub belum bisa memerinci skema pengaturannya. Hal ini, kata dia, mempertimbangkan struktur biaya yang harus ditanggung oleh pihak maskapai. "Kan ada cost structure-nya mereka, kan ada benchmarking juga. Kalau di negara negara maju sudah biasa itu," jelasnya.

Saat ini maskapai Lion Air telah memberlakukan bagasi berbayar kepada para penumpang rute domestik. Sementara maskapai Citilink menunda penerapan kebijakan tersebut sesuai arahan dari Kemenhub. Citilink menyatakan, pemberlakuan pengenaan biaya bagasi ini akan menunggu hasil evaluasi atau kajian lebih lanjut dari Kemenhub.
(fjo)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak