China Gelar 'Kampanye Piring Bersih', Tanda-tanda Krisis Pangan?

Rabu, 19 Agustus 2020 - 16:09 WIB
loading...
China Gelar Kampanye Piring Bersih, Tanda-tanda Krisis Pangan?
Pemerintah China meluncurkan Kampanye Piring Bersih untuk meningkatkan penghematan serta memerangi pemborosan makanan. Foto/Ilustrasi
A A A
CANBERRA - Presiden China Xi Jinping telah mengeluarkan arahan kepada para pengelola restoran di negaranya untuk mempraktikkan penghematan dan memerangi pemborosan makanan.

Dalam komentar yang disampaikan melalui media resmi pemerintah pekan lalu, Xi mengatakan masalah limbah makanan "mengejutkan dan menyedihkan" dan menekankan kebutuhan bagi masyarakat untuk memiliki rasa krisis terkait keamanan pangan .

"Secara efektif menumbuhkan kebiasaan hemat dan menumbuhkan lingkungan sosial dimana sampah itu memalukan dan penghematan adalah hal yang terpuji," ungkapnya seperti dikutip ABC News.

(Baca Juga: AS-China Adu Kuat, Dunia Berisiko Jadi Dua Blok)

Sementara, arahan dari pemerintah tersebut sejauh ini menghasilkan hal yang berbeda-beda di bisnis restoran negara tersebut. Setidaknya satu restoran dikritik karena mendorong pelanggannya untuk menimbang diri mereka sendiri sebelum duduk, dan staf kemudian menawarkan saran kepada pelanggan tentang apa yang harus mereka pesan berdasarkan berat badan mereka.

Interpretasi dari Kampanye Piring Bersih Xi ini telah memunculkan respons kemarahan secara online. Tetapi, ini hanyalah salah satu cara restoran di negara dengan populasi terpadat di dunia itu untuk mengurangi limbah makanan. Sejumlah pemerintah daerah bahkan membuat sistem yang lebih formal untuk mengurangi sisa makanan.

Dalam budaya Tiongkok, memesan atau menyajikan lebih banyak makanan daripada yang dibutuhkan dipandang sebagai cara untuk menunjukkan keramahan tuan rumah, dan orang-orang secara tradisional berbagi hidangan saat makan di luar.

Namun para ahli mengatakan dorongan baru untuk berhemat mungkin menunjukkan masalah ketahanan pangan yang lebih dalam di China. Untuk diketahui, dalam setahun terakhir China menghadapi gangguan pasokan yang cukup berat.

Meski limbah makanan adalah masalah nyata di China, beberapa orang curiga tentang mengapa para pejabat negara komunis itu sangat serius pada Kampanye Piring Bersih tersebut.

(Baca Juga: MPR Minta Waspadai Ancaman Krisis Pangan Akibat Pandemi)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1406 seconds (0.1#10.140)