5 Negara dengan Mata Uang Terendah di Timur Tengah, Ada Iran dan Irak

Senin, 27 Mei 2024 - 14:58 WIB
loading...
5 Negara dengan Mata Uang Terendah di Timur Tengah, Ada Iran dan Irak
Daftar urutan nilai tukar mata uang negara Timur Tengah yang paling kecil. FOTO/iStock
A A A
JAKARTA - Mata uang negara Timur Tengah memiliki nama yang relatif berbeda. Masing-masing di antaranya juga punya nilai tukarnya sendiri terhadap dolar AS.

Timur Tengah adalah penyebutan terhadap negara-negara yang secara geografis berada di wilayah pertemuan antara Asia, Afrika, dan Eropa. Sebagian orang mengenali kawasan ini berisikan negara-negara mayoritas Muslim seperti Arab Saudi hingga Qatar.

Pada deretan mata uangnya, negara-negara Timur Tengah memiliki nama dan nilai yang sebagian besar berbeda. Sebagai contoh, biasanya untuk mengukur rendah atau tingginya nilai tukar mata uang suatu negara ini akan dibandingkan dengan dolar AS yang dianggap sebagai mata uang internasional.

Mengacu pada dolar AS, berikut ini urutan nilai tukar mata uang negara Timur Tengah yang paling kecil. Berikut 5 negara dengan mata uang terendah di Timur Tengah:

1. Pound Lebanon (Lebanon)

1 Dolar AS = 89.432 Pound Lebanon

Pound Lebanon pertama kali diperkenalkan pada 1930-an dan dipatok terhadap dolar AS. Salah satu titik balik rekor merosotnya Pound Lebanon ke dolar AS terjadi pada awal 2021 lalu.

Alasannya beragam. Sebut saja dari perekonomian yang tertekan, angka inflasi dan pengangguran tinggi, krisis perbankan hingga kerusuhan politik.

2. Iran

1 Dolar AS = 42.075 Rial Iran
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1856 seconds (0.1#10.140)