alexametrics

Sri Mulyani Minta Akademisi Ikut Pacu Pembangunan Infrastruktur

loading...
Sri Mulyani Minta Akademisi Ikut Pacu Pembangunan Infrastruktur
Menteri Keuangan (Menkeu) RI Sri Mulyani Indrawati mengatakan, akademisi memiliki peran penting dalam percepatan pembangunan infrastruktur Indonesia. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) RI Sri Mulyani Indrawati mengatakan, akademisi memiliki peran penting dalam percepatan pembangunan infrastruktur Indonesia. Hal ini diungkapkanya saat menjadi keynote speech pada acara Infrastructure Summit 2019 yang mengangkat tema “Empowering University for Continuous PPP Infrastructure Development in Regional Government”.

"Universitas sebagai Perguruan Tinggi harus memilikii kompetensi dan atensi yang baik terhadap hal ini. Akademisi, swasta, dan pemerintah adalah triple helix yang mampu memciptakan perubahan pada suatu negara. UNIID jadilah elite yang tidak hanya inspiring, tapi do the real work,” ujar Menkeu Sri Mulyani di Grha Sanusi Hardjadinata.

Dia pun berharap para akademisi dapat memberikan kontribusi optimal bagi kemajuan infrastruktur bangsa melalui pengembangan kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang infrastruktur khususnya di daerah.



Dalam kesempatan yang sama Direktur Utama PT PII Armand Hermawan meluncurkan sebuah platform kerja sama untuk penyediaan data riset serta aktivitas-aktivitas yang melibatkan akademisi. Dengan adanya platform ini diharapkan dapat terus memperkuat sinergi antara pemerintah dan akademisi dalam hal pengembangan infrastruktur nasional.

“PT PII memandang kerja sama yang telah dibina PT PII dengan UNIID sejak tahun 2015 untuk kerjasama riset, capacity building, dan workshop sangat efektif untuk mendukung Pemerintah berikut stakeholder menggunakan skema KPBU," katanya.

Sambung dia mengutarakan, melalui platform ini, PT PII mengundang SMV Kementerian Keuangan lainnya sesuai tugas dan mandatnya bersinergi bersama UNIID dengan dukungan dari Kementerian Keuangan, Kemenristekdikti, KemenPUPR, Kemenhub, maupun kementerian-kementerian lain untuk pengembangan infrastruktur nasional khususnya untuk infrastruktur sektor baru dan daerah.

"Ini juga mendorong pembangunan nasional melalui pengembangan infrastruktur dan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goal (SDG),” jelasnya

Kegiatan Infrastructure Summit 2019 ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh pemerintah pusat maupun daerah dengan sebaik-baiknya untuk mendorong percepatan pembangunan infrastruktur yang merata di seluruh wilayah Indonesia serta dapat membuka potensi baru dalam pembangunan infrastruktur melalui perguruan tinggi yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak