Perhimpunan Filantropi Indonesia Luncurkan Indonesia Philanthropy Outlook 2024

Rabu, 03 Juli 2024 - 16:17 WIB
loading...
Perhimpunan Filantropi Indonesia Luncurkan Indonesia Philanthropy Outlook 2024
PFI dan Kementerian PPN/Bappenas meresmikan Indonesia Philanthropy Outlook 2024di Jakarta, Selasa (2/7/2024). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Perhimpunan Filantropi Indonesia (PFI) dan Kementerian PPN/Bappenas meresmikan Indonesia Philanthropy Outlook 2024. Kegiatan ini dikemas melalui Philanthropy Learning Forum (PLF) ke-63 bertajuk “Indonesia Philanthropy Outlook 2024: Menggali Temuan Kunci dan Rekomendasi untuk Memperkuat Ekosistem Filantropi terhadap Pembangunan Berkelanjutan” di Jakarta, Selasa (2/7/2024).

PFI menyusun Indonesia Philanthropy Outlook 2024 yang menyajikan berbagai temuan mengenai perkembangan sektor filantropi di Indonesia dalam tiga tahun terakhir. Tujuannya menunjukkan hasil dan kontribusi filantropi terhadap pembangunan berkelanjutan, area kemajuan, persepsi masyarakat terhadap kegiatan filantropi, serta rekomendasi agenda prioritas.

Pada PLF ke-63, Staf Ahli Menteri PPN Bidang Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan Kementerian PPN / Bappenas Pungkas Bahruji Ali menyambut baik atas inisiatif dan terbitnya laporan Indonesia Philanthropy Outlook 2024 yang disusun PFI. Hal ini sebagai bentuk komitmen sektor filantropi untuk mengangkat gambaran komprehensif tentang landskap, tren, tantangan, dan rekomendasi penguatan ekosistem filantropi berdasarkan aksi-aksi nyata yang dilakukannya dalam mendukung agenda pembangunan berkelanjutan di Indonesia.

Menurutnya, laporan ini mengungkapkan bahwa 89% program filantropi telah berhasil sesuai dengan agenda SDGs. Banyak lembaga filantropi secara dinamis membangun hubungan antara tujuan dan target SDGs.

”Meski menghadapi berbagai kendala, upaya ini layak mendapat apresiasi karena hubungan yang terjalin akan membuka peluang kolaborasi dengan banyak pihak, serta mempercepat pencapaian tujuan dan target SDGs tepat waktu. Ini membuktikan bahwa filantropi memainkan peran penting sebagai katalisator perubahan sosial dan ekonomi yang positif,” katanya.

Pungkas menegaskan sinergi dan kolaborasi antara pemerintah, swasta, dan filantropi serta pemangku kepentingan lainnya sangat penting untuk mencapai target-target SDGs dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan mendukung agenda perubahan iklim.

Ketua Badan Pengurus PFI Rizal Algamar mengemukakan Indonesia Philanthropy Outlook merupakan bentuk salah satu komitmen PFI untuk memperkuat ekosistem filantropi dalam aspek data dan informasi. Salah satu aspek penting ini perlu didorong sebagai referensi untuk perkembangan sektor filantropi yang berbasiskan data agar menciptakan dampak yang lebih efektif dan luas.

Publikasi ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi semua pemangku kepentingan. “Ini merupakan outlook kedua yang telah kami publikasi, pertama kali di tahun 2022 lalu,” ujarnya.

Ada perubahan dari outlook 2022 dan 2024 terkait 5 fokus program prioritas. Di 2022 terkait pendidikan, pemberdayaan ekonomi, iklim dan lingkungan hidup, advokasi, dan kesehatan. Sementara di 2024 adalah pemberdayaan ekonomi, pendidikan, kesehatan, iklim dan lingkungan hidup, dan kemiskinan.

Sementara penyelarasan program terhadap SDGs meningkat dari 84,9% di 2022 menjadi 89% di 2024. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan dan penguatan komitmen filantropi dalam mendukung akselerasi pencapaian SDGs di Indonesia.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1347 seconds (0.1#10.140)