Mau Mudik? Waspadai Titik-Titik Rawan Kemacetan Ini

Kamis, 30 Mei 2019 - 09:25 WIB
Mau Mudik? Waspadai Titik-Titik Rawan Kemacetan Ini
Mau Mudik? Waspadai Titik-Titik Rawan Kemacetan Ini
A A A
JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan ada beberapa titik kemacetan di jalan tol Trans Jawa pada saat mudik Lebaran ini. Masyarakat pun diminta sebisa mungkin untuk menghindari titik kemacetan tersebut.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setyadi mengatakan, titik macet pertama kemungkinan akan terjadi di Tol Palimanan menuju Cirebon. Hal itu terjadi, karena pemudik yang berangkat dari Jakarta menuju Cirebon akan keluar di pintu Tol Plumbon.

"Untuk jalan Tol yang akan banyak antrean itu biasanya, pertama jalan Tol di Palimanan sampai dengan Cirebon yaitu ada yang di Plumbon. Karena keluar dari Jakarta ke arah Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon sampai dengan Majalengka di situ yang pertama kali. Jadi exit Tol Plumbon," ujar Budi di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Rabu (29/5/2019).

Titik macet kedua adalah terletak di pintu keluar Tol Ciperna. Menurut Budi, di GT Ciperna ini banyak pemudik dari arah Jakarta menuju Cirebon, Kuningan hingga ke Ciamis.

"Berikutnya adalah exit tol di Ciperna, nanti masyarakat yang akan keluar dari Jakarta ke Kabupaten/Kota Cirebon kemudian terus ke Kuningan kemudian di Ciamis itu juga menjadi kemungkinan yang akan banyak keluar di sana," jelasnya

Selanjutnya lanjut Budi. titik macet ketiga diprediksi akan terjadi di Tol Pejagan. Di jalan tol ini kemacetan disebabkan oleh pemudik yang menuju arah Brebes, Cilacap, dan Purwekerto.

"Berikutnya di Pejagan karena nanti masyarakat yang ke arah Bumi Ayu, Brebes, Cilacap, Purwokerto itu keluar di sana. Berikutnya di Tegal sampai dengan Purbalingga. Terakhir di Kalikampung Semarang," jelasnya.

Kemudian selanjutnya adalah penumpukan kendaraan akan terjadi di pintu keluar Tol Singosari, Malang. Menurut Budi. Macetnya Tol Singosari diperkirakan karena saat keluar tol langsung bertemu dengan jalan menuju Kota Wisata Batu.

"Nah jalan tol yang saya sampaikan tadi ini menjadi perhatian kita termasuk yang terakhir di exit tol Malang Singosari dan di sana jalan tol ya terakhir ada di Singosari itu, kebetulan ketemu jalan negara dan langsung tujuan ke arah Batu tempat wisata. Itu potensi sekali kemacetan," jelasnya.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5616 seconds (0.1#10.140)