5 Perusahaan Minyak Terbesar di Rusia, Tertinggi Cetak Laba Rp225,7 Triliun

Sabtu, 06 Juli 2024 - 11:07 WIB
loading...
5 Perusahaan Minyak...
Rusia adalah rumah bagi beberapa perusahaan minyak dan gas terintegrasi terbesar di dunia. Intip daftar 5 raksasa minyak teratas di Rusia. Foto/Dok Reuters
A A A
JAKARTA - Rusia merupakan negara produsen minyak terbesar ketiga di dunia dan menempati peringkat sebagai produsen gas alam terbesar kedua di dunia. Sekitar 11% pasokan minyak dunia berasal dari Rusia, dan sebanyak 24,8 triliun kaki kubik pasokan gas alam global berasal dari negara tersebut.



Dengan demikian, Rusia adalah rumah bagi beberapa perusahaan minyak dan gas terintegrasi terbesar di dunia. Bahkan, beberapa perusahaan terbesar Rusia secara konsisten berada di antara perusahaan-perusahaan paling kuat di dunia.



Semua perusahaan minyak terbesar Rusia mempertahankan operasi minyak dan gas hulu dan hilir yang substansial, termasuk divisi eksplorasi dan produksi yang luas, kilang minyak bumi hingga pabrik petrokimia, dan stasiun layanan ritel.

Dalam daftar Global 2000 Forbes yang dirilis Mei 2021, terdapat 5 perusahaan minyak terbesar di Rusia. Dalam daftar tersebut mengukur perusahaan teratas di dunia menurut aset, nilai pasar, penjualan, serta raihan laba.

Daftar 5 perusahaan minyak teratas di Rusia

1. Rosneft

Penjualan: USD70.8 miliar
Keuntungan: USD2 miliar
Aset: USD207.5 miliar
Nilai Pasar: USD77.7 miliar

Rosneft adalah perusahaan minyak terbesar Rusia. Fokus utamanya pada produksi minyak dan gas, eksplorasi hidrokarbon, pengembangan kilang lepas pantai, penyulingan, dan penjualan minyak, gas, serta produk olahan.

Perusahaan menyumbang hampir 6% dari produksi minyak dunia. Rosneft menghasilkan 3,48 juta barel per hari atau 192,8 juta ton hidrokarbon cair pada tahun 2021.

Ia juga berada di antara produsen gas independen tertinggi di negara ini. Produksi gas Rosneft mencapai 8% dari produksi hidrokarbon Rusia, dengan volume produksi sekitar 64 miliar meter kubik. Pada 2021, perseroan memproduksi 5,10 juta barel per hari.

Seperti dilansir Investopedia, Rosneft terus menjaga aktivitas eksplorasi dan produksi di seluruh Rusia dan sekitar selusin negara lainnya. Rosneft tercatat memiliki 13 kilang di Rusia dan berniat menambah tujuh kilang lagi di Eropa Barat dan Timur.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1969 seconds (0.1#10.140)