Menelusuri Jejak 'Kota Hantu' Buatan China di Dekat Indonesia Senilai Rp1.627 T

Selasa, 09 Juli 2024 - 17:37 WIB
loading...
A A A
Salah satu penyewa adalah Yvonne Xavier, yang menyewa apartemen dengan dua kamar tidur berperabot lengkap seharga 850 ringgit atau USD182 per bulan, beberapa kali lebih murah daripada di Singapura tempat suaminya bekerja.

"Saya suka tinggal di sini karena nyaman dan sangat tenang. Di kota terlalu berisik," kata pria Malaysia berusia 29 tahun ini, merujuk pada ibu kota negara bagian Johor Bahru yang berjarak sekitar 30 kilometer.

Meskipun secara umum aman, Xavier mengatakan bahwa beberapa lampu jalan tidak dinyalakan pada malam hari, dan ia prihatin dengan perilaku orang-orang yang datang untuk membeli alkohol murah.

Insentif Baru

Dalam upaya untuk meningkatkan kawasan ini, Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim pada bulan Agustus mengumumkan zona keuangan khusus di Forest City dengan insentif termasuk visa masuk ganda, dan tarif pajak penghasilan khusus.

Dia bergabung dengan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong pada bulan Oktober untuk mengumumkan zona ekonomi khusus Johor-Singapura, dengan nota kesepahaman yang akan ditandatangani oleh kedua negara pada bulan Januari.

Namun, terlepas dari inisiatif-inisiatif tersebut, Forest City menghadapi masa depan yang tidak pasti karena para pengembang properti di Cina bergulat dengan utang yang menumpuk di tengah krisis perumahan nasional.

Forest City 60 persen sahamnya dimiliki oleh Country Garden, dan sisanya dipegang oleh perusahaan lokal dimana penguasa negara bagian Johor yang berpengaruh, Sultan Ibrahim Sultan Iskandar, yang akan menjadi raja di bulan Januari, memiliki saham mayoritas.

Dengan total kewajiban sekitar USD186 miliar, Country Garden gagal melakukan pembayaran bunga sebesar USD15,4 juta atas obligasi dolarnya pada bulan Oktober. Sahamnya telah kehilangan lebih dari dua pertiga nilainya tahun ini.

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1351 seconds (0.1#10.140)