Jokowi Ngeluh Kepala Daerah Masih Doyan Belanja Barang Impor

Rabu, 10 Juli 2024 - 14:40 WIB
loading...
Jokowi Ngeluh Kepala...
Jokowi menyayangkan kepala daerah masih hobi belanja barang impor ketimbang membeli produk dalam negeri. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) menyayangkan penggunaan produk dalam negeri saat ini masih di angka 41% untuk kabupaten dan kota meski telah diingatkan berkali-kali. Menurutnya angka tersebut masih terbilang kecil.

"Kemudian juga masalah serapan anggaran dan utamanya penggunaan produk-produk dalam negeri. Saya cek masih diangka 41% penggunaan produk dalam negerinya masih 41% untuk kabupaten dan kota. 41% ini masih kecil. Artinya selain itu berarti produk-produk impor," ujar Jokowi, dalam sambutannya pada Pembukaan Rakernas XVI APKASI di JCC, Jakarta, Rabu (10/7/2024).



Jokowi mengatakan mengumpulkan uang dari penerimaan negara dinilai sangat sulit di antaranya dari pajak hingga dividen.

"Hati-hati kita mengumpulkan uang dari penerimaan negara itu sangat sulit sekali, baik itu yang namanya pajak, PNBP, yang namanya royalti, yaang namanya dividen," kata Jokowi.

Jokowi menyebut, Menteri Keuangan Sri Mulyani bersusah payah mengumpulkan setiap rupiah untuk penerimaan negara, namun sesudah ditransfer ke daerah malah dibeli produk impor.

"Itu serupiah-serupiah semuanya dikumpulin oleh Menteri Keuangan. Terkumpul, menjadi penerimaan negara. Lalu di transfer ke daerah, dibelikan impor.Yang dapat manfaat adalah negara lain. Ini perlu saya ingatkan, beli produk-produk kita sendiri. Saya ingatkan," kata Jokowi.



Dia mengingatkan kepada kepala daerah untuk dapat menggunakan barang dan jasa produk dalam negeri.

"Mengumpulkan anggarannya itu sangat sulit sekali. Jadi gunakan 100% untuk pengadaan barang dan jasa itu produk-produk dalam negeri," ungkapnya.
(nng)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1772 seconds (0.1#10.140)