BI Antisipasi The Fed Baru Akan Turunkan Suku Bunga Tahun Depan

Sabtu, 06 Juli 2019 - 01:11 WIB
BI Antisipasi The Fed Baru Akan Turunkan Suku Bunga Tahun Depan
BI Antisipasi The Fed Baru Akan Turunkan Suku Bunga Tahun Depan
A A A
JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo memperkirakan Federal Reserve alias Bank Sentral Amerika Serikat baru akan menurunkan suku bunga acuan mereka yakni Fed rate pada 2020, mendatang. Hal ini apabila melihat situasi perang dagang antara dua ekonomi terbesar dunia yakni AS dan China yang diprediksi masih bakal berlanjut.

"Kemungkinan Fed tahun ini akan stay, tapi tahun depan akan turunkan 25 basis point. Tapi (dengan catatan) kalau terjadi pro-long trade war, ekonomi Amerika Serikat turun, Fed bisa juga tahun in turunkan sekali," ujar Perry di Jakarta, Jumat (5/7).

Lebih lanjut Ia membeberkan setidaknya ada kabar baik dari hasil pertemuan antara Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping di sela-sela KTT G-20 yang mencapai kata sepakat terkait genjatan perang dagang. Menurutnya kedua pemimpin negara memberikan harapan baik, dimana perang dagang harus berakhir.

"Setidaknya kedua negara sepakat untuk kembali ke meja perundingan, sehingga ini tentu saja baik. Semoga ini akan terus positif dan tentu saja terjadi resolusi antara keduanya, karena sentimen positif bisa mengurangi risiko dari perluasan barang-barang yang akan diimpor atau dinaikkannya tarif impornya," jelasnya.

Dia pun memastikan setelah pertemuan di G-20, kedua negara bakal melanjutkan perundingan untuk memberikan harapan bagi banyak negara di dunia. Dimana ekonomi dunia diperkirakan akan membaik jika kesepakatan mampu dijaga. "Kami melihat tone-nya lebih positif dari berita sebelumnya. Hal ini akan baik di AS maupun pertumbuhan ekonomi di dunia," terang dia.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4939 seconds (0.1#10.140)