Market Outlook 2024: Iklim Investasi di Masa Transisi Diyakini Tetap Kondusif

Kamis, 18 Juli 2024 - 16:02 WIB
loading...
Market Outlook 2024:...
Mandiri Investasi Market Outlook 2024 yang bertema Cruising the Crossroads on the Narrow Strait. FOTO/Ist
A A A
JAKARTA - PT Mandiri Manajemen Investasi (Mandiri Investasi) memperkirakan iklim investasi pada semester II-2024 tetap kondusif dan berpotensi memberikan peluang imbal hasil yang optimal bagi investor. Hal itu didukung adanya komitmen kuat dari pemerintahan Presiden Joko Widodo di masa transisi dalam menjaga pertumbuhan ekonomi nasional.

Komitmen pemerintah di masa transisi itu di antaranya menjaga defisit anggaran tidak melebihi dari 2,7% dari PDB, serta tidak menerbitkan SBN (surat berharga negara) baru sehingga tidak menambah beban negara. Selain itu, dalam penyusunan RAPBN 2025, pemerintahan saat ini juga telah berkonsultasi dengan tim ekonomi calon presiden baru, sehingga kondisi keuangan negara tahun depan diperkirakansiap mendukung sejumlah program strategis pemerintahan baru.

Di acara Mandiri Investasi Market Outlook 2024 yang bertema "Cruising the Crossroads on the Narrow Strait", Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengatakan bahwa Kementerian BUMN memiliki program jangka panjang untuk mendorong transformasi ekonomi di Indonesia seperti energi terbarukan dan hilirisasi tambang.



Kementerian BUMN, kata dia, telah menyiapkan roadmap jangka panjang yang memberikan arah bagi BUMN untuk dapat menjadi mesin bagi transformasi ekonomi Indonesia 10 tahun ke depan yang berfokus pada beberapa sektor-sektor utama seperti sektor digital, ekonomi hijau, infrastruktur dan inklusi sosial.

Kartika juga menyampaikan bahwa dalam lima tahun ke depan, selain Mandiri, BRI, Telkom, dan Pertamina diharapkan akan ada BUMN lain yang juga dapat menjadi top company dunia. Dia mencontohkan Pelindo Group, In Journey, dan MIND ID. Perusahaan-perusahaan dengan size menengah tersebut diyakini akan menjadi besar dan diharapkan suatu hari bisa masuk bursa alias melakukan IPO.

"Kita akan berfokus kepada BUMN yang punya significant size, kompetensi, serta future outlook yang baik untuk bisa dibawa ke capital market," papar Kartika dalam keterangan pers, Kamis (18/7/2024).

Lebih lanjut, Tiko juga menyampaikan bahwa model investasi di BUMN tidak hanya melalui pasar modal, tetapi juga melalui private deals dan bersama dengan Indonesia Investment Authority (INA), BUMN tengah membangun ekosistem investasi yang sifatnya private investments dengan investor strategis global.

Di sektor perbankan, Bank Mandiri memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam memajukan dan menjaga kesinambungan industri keuangan secara jangka panjang. Khusus di sektor pasar modal, Direktur Jaringan dan Retail Banking Bank Mandiri Aquarius Rudianto melihat optimisme masyarakat terhadap outlook pasar saham dan obligasi di Indonesia. Dia meyakini produk reksa dana dan kontrak pengelolaan dana dapat tumbuh berkesinambungan.

Salah satu indikatornya adalah jumlah investor reksa dana naik signifikan mencapai angka 11,9 juta, di mana sekitar 60%-nya adalah generasi muda. Karena itu Mandiri Group berkomitmen terus berinovasi dan berkolaborasi, dengan dimotori Mandiri Investasi sebagai perusahaan asset management yang memiliki pengalaman dan kompetensi.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1813 seconds (0.1#10.140)