alexametrics

Gandeng ICAEW dan CISI, Fidelitas Institute Luncurkan Program Sertifikasi CFQ

loading...
Gandeng ICAEW dan CISI, Fidelitas Institute Luncurkan Program Sertifikasi CFQ
Fidelitas Institute bekerja sama dengan ICAEW dan CISI Inggris dalam peluncuran program sertifikasi Corporate Finance Qualification (CFQ) di Gedung BEI. Foto/Dok
A+ A-
JAKARTA - Fidelitas Institute bekerja sama dengan Institute of Chartered Accountants England and Wales (ICAEW) dan Chartered Institute for Securities and Investments (CISI) Inggris dalam peluncuran program sertifikasi Corporate Finance Qualification (CFQ) di Gedung Bursa Efek Indonesia. Program CFQ merupakan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi seorang praktisi Corporate Finance.

Ilmu Corporate Finance mencakup ilmu pembiayaan tingkat lanjutan, manajemen investasi proyek, struktur permodalan, manajemen risiko, pengukuran tigkat biaya modal sampai dengan pengukuran tingkat pengembalian investasi baik oleh perusahaan maupun oleh pemegang saham itu sendiri.

Program tersebut diresmikan langsung oleh Country Manager ICAEW Indonesia, Deny Poerhadiyanto, perwakilan regional CISI, Ken McGowan dan Managing Director Fidelitas, David Bingei. Acara peresmian tersebut juga didukung oleh Kedutaan Besar Inggris dari Indonesia, dimana diberikan kata sambutan oleh Bapak Robert Cawley yang merupakan Deputi Direktur Perdagangan Internasional Kedutaan Besar Inggris.



“Saat ini di Indonesia belum ada tolak ukur standar kompetensi Corporate Finance, sementara CFQ telah diakui di seluruh dunia dan merupakan keahlian tingkat tinggi di pasar internasional. CFQ dirancang dengan fokus pada keterampilan komersial, praktis dan teknis yang diminta oleh klien dan investor perusahaan dan lembaga keuangan lainnya," papar Managing Director Fidelitas, David Bingei di Jakarta, Rabu (24/7/2019).

Lebih lanjut Ia menerangkan, dengan dasar keperdulian terhadap pelatihan bagi praktisi keuangan dan Corporate Finance di Indonesia, maka 3 tahun lalu David Bingei mengungkapkan mulai menjadi Accredited Training Partner untuk CISI dan tahun ini resmi melakukan Grand Launching CFQ tersebut bersama ICAEW

David menambahkan CFQ merupakan sertifikasi kelas dunia. “CFQ mengakui kemampuan dan pengalaman. Oleh karena itu CFQ terbagi menjadi dua kategori yaitu Study Route dan Experience Route. Experience Route adalah jalur yang disediakan bagi praktisi Senior yang sudah memiliki pengalaman transaksi yang komprehensif,” ujar David.

Sedangkan Study Route dirancang untuk praktisi yang belum memenuhi kriteria pengalaman senior untuk Study Route, namun memiliki minat untuk mengambil gelar CFQ yaitu dengan mengikuti tahapan ujian dari CISI dan ICAEW. Dengan menyelesaikan Study Route, maka praktisi tersebut mendapatkan pengakuan dari dua Lembaga sekaligus, yaitu CISI dan ICAEW.

"Sertfikat yang dikeluarkan oleh CISI dan ICAEW tersebut diakui di Inggris dan negara Uni Eropa. CFQ merupakan pengembangan keahlian pratikal dan transaksional yang dibutuhkan saat perusahaan merencanakan serta menjalankan aksi korporasi. Dengan memiliki sertifikat CFQ, maka sertifikasi tersebut dapat mendukung pengakuan serta kredibilitas praktisi tersebut di bidang Corporate Finance," paparnya.

Lebih lanjut terang dia, diharapkan Grand Launching ini dapat menjadi momentum untuk memajukan bidang Corporate Finance di Indonesia, sekaligus sebagai upaya kami bersama ICAEW, CISI dan Kedutaan Inggris agar CFQ tersebut dapat diakui secara formal oleh Bursa Efek Indonesia maupun Otoritas Jasa Keuangan.

Pada acara tersebut turut hadir Managing Director Fidelitas, Rinaldi Firmansyah, Direktur Perdagangan dan Pengaturan Bursa Efek Indonesia, Bapak Laksono Widodo, dan perwakilan dari Kedutaan Besar Inggris, Robert Cawley, Direktur Utama Danareksa Persero, Arif Budiman, Direktur Utama PT CIMB Niaga Sekuritas, Harry Supoyo, Direktur Utama Pelindo Investama, Randy Pangalila dan Direktur Keuangan Pelindo III, Iman Rachman.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak