Peminat BRICS di Antara Negara Berkembang Membeludak, Ini Sebabnya

Kamis, 01 Agustus 2024 - 14:09 WIB
loading...
A A A
Menurut Song, perluasan BRICS yang berkelanjutan menyuntikkan kepercayaan dan vitalitas ke dalam pembangunan Global Selatan. "Bagi negara-negara berkembang, jalan menuju pembangunan terletak pada peningkatan diri yang bersatu dan penyelarasan strategis melalui kerja sama ekonomi dan perdagangan, daripada ketergantungan yang berlebihan pada dukungan dari negara-negara maju," ujarnya.

Para ahli juga menyoroti kontras tajam antara BRICS dan lingkaran eksklusif yang digerakkan oleh Barat yang dipimpin AS yang menarik batasan ideologis, dan bahkan menerapkan hegemoni ekonomi mereka. "Model BRICS didasarkan pada perluasan konsensus di antara negara-negara berkembang melalui negosiasi yang setara dan saling menguntungkan," jelas Song.

Melalui kolaborasi di antara negara-negara berkembang, negara-negara itu akan memperkuat suara kolektif mereka, yang pada akhirnya berkontribusi pada upaya mewujudkan keadilan dan kesetaraan dalam tata kelola global. Kolaborasi ini diyakini akan berperan penting dalam memenuhi kebutuhan dan tuntutan pembangunan negara-negara berkembang.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Lin Jian mengatakan pada konferensi pers rutin pada awal pekan ini bahwa pengembangan dan perluasan mekanisme BRICS mencerminkan tren zaman, melayani kepentingan negara-negara terkait, dan memberikan kekuatan pendorong yang kuat bagi multipolaritas di dunia dan demokrasi yang lebih besar dalam hubungan internasional.

"Anggota BRICS telah menanggapi harapan berbagai pihak dengan segala ketulusan dan memajukan proses yang relevan dengan tindakan pragmatis. Kami menyambut lebih banyak mitra yang berpikiran sama untuk bergabung dalam kerja sama BRICS dan bekerja sama untuk menjadikan tatanan internasional lebih adil dan setara," kata Lin.
(fjo)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1470 seconds (0.1#10.140)