Mau Tahu Besaran Kompensasi Akibat Blackout yang Lalu? Ini Caranya

Senin, 19 Agustus 2019 - 15:11 WIB
Mau Tahu Besaran Kompensasi Akibat Blackout yang Lalu? Ini Caranya
Mau Tahu Besaran Kompensasi Akibat Blackout yang Lalu? Ini Caranya
A A A
JAKARTA - Terkait pemadaman besar-besaran (blackout) yang terjadi di sejumlah wilayah pada 4 Agustus 2019 lalu, sesuai dengan Peraturan Menteri (Permen) ESDM No 27 tahun 2017, PT PLN (Persero) akan memberikan kompensasi sesuai deklarasi Tingkat Mutu Pelayanan (TMP), dengan Indikator Lama Gangguan.

Adapun nilai kompensasi untuk setiap pelanggan terdampak kini dapat dicek melalui laman resmi PLN, yaitu www.pln.co.id. Berikut langkah-langkahnya:

1. Masuk ke website resmi PLN, www.pln.co.id
2. Klik menu
3. Klik pelanggan
4. Klik layanan online
5. Klik Info kompensasi
6. Masukkan IDPEL (ID Pelanggan) dan input kode disamping yang ada
7. Akan muncul estimasi atau perkiraan nilai kompensasi yang didapat pelanggan.

Atau dapat juga melalui direct link
https://layanan.pln.co.id/InfoTmp.html

"Besaran kompensasi yang diterima dapat dilihat pada tagihan rekening bulan September 2019 atau pada bukti pembelian token pertama setelah 1 September 2019 untuk konsumen prabayar," jelas Vice President Public Relations PLN Dwi Suryo Abdullah dalam keterangan resminya, Senin (19/8/2019).

Kompensasi akan diberikan sebesar 35% dari biaya beban atau rekening minimum untuk konsumen golongan tarif adjustment, dan sebesar 20% dari biaya beban atau rekening minimum untuk konsumen pada golongan tarif yang tidak dikenakan penyesuaian tarif tenaga listrik (Non-Adjustment).

Untuk pelanggan prabayar, pengurangan tagihan disetarakan dengan pengurangan tagihan listrik pascabayar. Khusus untuk pelanggan premium, PLN akan memberikan kompensasi sesuai Service level Agreement (SLA) yang telah ditandatangani bersama.

"Dalam kondisi normal, seharusnya pembayaran kompensasi dibayarkan pada bulan Oktober. Namun untuk kali ini, kami mempercepat pembayaran kompensasi di bulan September, baik prabayar maupun pascabayar," tandas Dwi.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8042 seconds (0.1#10.140)