OJK Catat Dana Masuk lewat Emiten Capai Rp112,4 Triliun

Jum'at, 23 Agustus 2019 - 12:54 WIB
OJK Catat Dana Masuk lewat Emiten Capai Rp112,4 Triliun
OJK Catat Dana Masuk lewat Emiten Capai Rp112,4 Triliun
A A A
JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat, total penghimpunan dana melalui penawaran umum di pasar modal saat ini telah mencapai Rp112,4 triliun dari 104 penawaran umum, dengan 29 di antaranya adalah emiten saham baru. Sementara, total pengelolaan produk investasi telah mencapai Rp805 triliun, tumbuh 7,6% dibandingkan tahun sebelumnya.

Ketua OJK Wimboh Santoso mengatakan, capaian ini tentunya tak lepas dari kondisi ekonomi makro yang terjaga dan dukungan serta sinergi kebijakan yang diterapkan pemerintah.

"OJK bersama SRO dan juga kerja keras dari seluruh pemangku kepentingan di pasar modal Indonesia," ujar Wimboh di Jakarta, Jumat (23/8/2019).

Dia mengatakan akan terus mencermati perlambatan ekonomi dunia ke depan sebagai akibat dari naiknya tensi perang dagang AS dengan China yang belum ada tanda-tanda akan usai. Hal itu diperkirakan masih akan membayangi perekonomian nasional, begitu juga dengan kinerja pasar modal ke depan.

"Oleh karena itu, kita membutuhan sumber pertumbuhan ekonomi baru. Disinilah pasar modal akan didorong untuk lebih berkontribusi dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, mendukung ekspor dan subtitusi impor, membuka lebih luas lapangan kerja, serta mewujudkan pembangunan yang ramah lingkungan," jelasnya.

Wimboh menegaskan OJK akan terus mendorong industri pasar modal agar lebih maju. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan perkembangan teknologi.

"Kita tidak boleh ketinggalan dalam memanfaatkan perkembangan teknologi ini agar dapat bersaing dengan negara-negara lain. Dengan teknologi, proses perizinan dan transaksi akan menjadi lebih cepat, efisien, mudah dan transparan serta jangkauan yang lebih luas. Kini teknologi telah kami manfaatkan, tidak hanya dalam proses perizinan, registrasi dan efisiensi pelaporan tetapi juga dalam proses pengawasan," jelasnya.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0973 seconds (0.1#10.140)